Back to natural Selamat berkunjung di Blog ini !

Tuesday, March 1, 2011

RPP ????????????????



RPP Theory2007
5Endah sulistowati
Disampaikan dalam Work Shop Sosialisasi KTSP Depag Kantor WilProp jawa tengah
c.memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa
rasa takut;
d.memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
e.memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
f.memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara
individual maupun kelompok;
g.memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok.
h.memfasilitasi siswa melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
i.memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
siswa.
KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan siswa;
b.memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber;
c.memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan;
d.memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
e.berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi
kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
f. membantu menyelesaikan masalah;
g.memberi acuan agar siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
h.memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh; dan
i.memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a.bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b.melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
c.memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d.merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program
pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa;
e.menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
f.Jawaban dibuktikan dengan melakukan observasi secara acak, hasil supervisi kepala
sekolah/madrasah, dan kesesuaian RPP dengan pelaksanaan proses pembelajaran.
Catatan :
Langkah-langkah pembelajaran dimungkinkan disusun dalam bentuk seluruh rangkaian kegiatan, sesuaidengan karakteristik model pembelajaran yang dipilih, menggunakan urutan sintaks sesuai denganmodelnya. Oleh karena itu, kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup tidak harusada dalam setiap pertemuan.
RPP Theory2007
6Endah sulistowati
Disampaikan dalam Work Shop Sosialisasi KTSP Depag Kantor WilProp jawa tengah
6. Memilih Sumber Belajar
Pemilihansumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan.Sumberbelajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat dan bahan. Sumber belajar dituliskansecara lebih operasional, dan bisa langsung dinyatakan bahan ajar apa yang digunakan. Misalnya,sumberbelajar dalam silabus dituliskan buku referensi, dalam RPP harus dicantumkan bahan ajar yang sebenarnya.
Jika menggunakan buku, maka harus ditulis judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.
Jika menggunakan bahan ajar berbasisICT, maka harus ditulis namafil e,fol der penyimpanan, dan bagian
atau link file yang digunakan, atau alamatwebs i te yang digunakan sebagai acuan pembelajaran.
7. Menentukan Penilaian
Penilaian dijabarkan atas
a. teknik penilaian,
b. bentuk instrumen, dan
c.instrumen yang dipakai yang beris rubrik penilaian
D.Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas
Nama Sekolah
: . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . .. . . . . . . . . ..
Mata Pelajaran
: . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . .. . . . . . . . . ..
Kelas, Semester
: . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . .. . . . . . . . . ..Standar Kompetensi :...................................Kompetensi Dasar :...................................Indikator
: . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . .. . . . . . . . . .. .
Alokasi Waktu
:..... x... menit (… pertemuan)
B. Tujuan Pembelajaran
C. Materi Pembelajaran
RPP Theory2007
7Endah sulistowati
Disampaikan dalam Work Shop Sosialisasi KTSP Depag Kantor WilProp jawa tengah
D. Metode Pembelajaran
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah :
Pertemuan 1
Kegiatan Awal
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
Pertemuan 2
Kegiatan Awal
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
Pertemuan 3. dst
F. Sumber Belajar( Buku, Bahan ajar dan Alat )
G. Penilaian( berisi teknik penilaian , Bentuk instrumen dan Rubriks penilaian )
Mengetahui
Kepala Sekolah...................,
Guru Mata Pelajaran

0 komentar:

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Abaut

http://wwwroges-ade.blogspot.com, between the and tags
  • About
  • http://wwwroges-ade.blogspot.com, between the and tags

    Popular Posts

    BTemplates.com

    Blogroll

    script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

    About

    script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

    Copyright © Roghes Family | Powered by Blogger
    Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com