Back to natural Selamat berkunjung di Blog ini !

Tuesday, April 19, 2011

TRIK MENGHADAPI LSM DAN WARTAWAN


Trik dan kiat menghadapinya antara lain:
  1. Menguasai situasi dan kondisi. Terutama penguasaan diri sendiri menghadapi situasi kritis. Dalam contoh di atas, yang dihadapi tidak satu orang, namun serombongan wartawan. Usahakan posisi kita menghadapi mereka dalam ruang publik, dimana banyak orang lalu lalang dan kita terlihat orang lain.
  2. Tetap bersikap sopan. Wartawan tanpa surat kabar juga manusia, yang perlu kita hargai dan jaga martabatnya. Jika kita bersikap sopan, mereka juga akan segan dan tidak akan bersikap macam-macam.
  3. Tidak hanyut dalam perangkap. Publikasi kegiatan tentang lembaga, badan atau organisasi kita memang penting untuk diketahui publik. Namun, bila menghadapi ‘ancaman’ boikot atau tidak mempublikasikan acara tetaplah berpegang pada kebijakan yang telah digariskan pada awalnya. Dalam contoh kisah di atas, karena saya sudah pegang daftar wartawan yang diundang resmi dan mereka tidak  diundang akhirnya bisa dimaklumi.
  4. Bersikap tegas. Katakan saja tidak (just say no) untuk setiap pertanyaan, permohonan yang ujung-ujungnya ‘amplop’. Kalau kita bersikap tegas untuk urusan yang satu ini, mereka juga tidak ngotot kok.
  5. Tidak menghindar. Mencuri-curi kesempatan untuk menghindar dari wartawan tanpa surat kabar tidak akan menyelesaikan persoalan. Kita tetap akan dikejar kemanapun berusaha untuk menghindar. Hadapi saja mereka dengan kiat poin 1 hingga 4 di atas. Toh akhirnya mereka juga akan mundur secara teratur.

0 komentar:

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Abaut

http://wwwroges-ade.blogspot.com, between the and tags
  • About
  • http://wwwroges-ade.blogspot.com, between the and tags

    Popular Posts

    Blog Archive

    BTemplates.com

    Blogroll

    script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

    About

    script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

    Copyright © Roghes Family | Powered by Blogger
    Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com