Back to natural Selamat berkunjung di Blog ini !

Wednesday, August 29, 2018

LK 12
Laporan Pelaksanaan Supervisi Akademik

IDENTITAS

1.
Nama Sekolah
:
SDN Longkewang
2.
NSS/NISN
:
1010........
3.
Status
:
Negeri
4.
Alamat Sekolah
Jalan
:
Jl.Longkewang
Desa
:
Hegarmanah
Kecamatan
:
Cicantayan
Kabupaten
:
Sukabumi
Propinsi
:
Jawa  Barat
Kode Pos
:
43155
Telepon
:
Fax
:
-
e-mail
:
-
Webside
:
-
5.
Kepala Sekolah
Nama
:
Ade Roghes
Status PNS
:
Pusat
NIP
:
19620606 198112 1 001
Pangkat/gol. ruang/TMT
:
Pembina/IV.a
Jabatan Fungsional
:
 Kepala Sekolah
NUPTK
:


BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Undang-undang No  20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang diikuti dengan Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan ditindak lanjuti dengan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permeneg PAN & RB) No 21 tahun 2010 secara eksplisit memberi amanat kepada pengawas sekolah untuk melaksanakan pembimbingan dan pelatihan professional kepada sekolah. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja sama dengan pemerintah Australia memberdayakan peran pengawas sekolah / madrasah dalam peningkatan mutu Kepala Sekolah melalui pendampingan PKB KS/M dalam Program Pro DEP (Professional Development for Education Personnel).

B. DASAR HUKUM
Dasar Hukum PKB KS/M adalah :
  • Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; 
  • Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005  tentang Standar Nasional Pendidikan; 
  • Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah / Madrasah; 
  • Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya; 
  • Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas dan Angka Kreditnya; 
  • Peraturan Menteri  Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah; 
  • Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya; 
  • Permendiknas 12 Tahun 2007 tantang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah; 
  • Surat Keputusan Kepala PPPPTK Bahasa nomor : 1453a/J6/KP/2014 Bahasa tentang Penanggungjawab, Narasumber, Panitia, dan Peserta Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Kepala Sekolah/Madrasah tingkat SMP/MTs. 
C. TUJUAN
untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, dan kinerja professional ,dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didiknya.

D. SASARAN
 Agauru kelas

E. WAKTU  DAN TEMPAT PELAKSANAAN
  • Waktu : 26 Agustus  2018 
  • Tempat : SDN Longkewang

BAB II
KERANGKA BERPIKIR PEMECAHAN MASALAH

Supervisi akademik adalah kegiatan pengawasan yang berfungsi untuk menilai dan membina guru dalam rangka mempertinggi kualitas proses pembelajaran  agar berdampak terhadap kualitas hasil belajar siswa.
Supervisi akademik merupakan upaya membantu guru-guru mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian, berarti, esensi supervisi akademik itu sama sekali bukan menilai unjuk kerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, melainkan membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalismenya.

Berkenaan dengan hal tersebut berarti supervisi akademik tidak bisa terlepas dari penilaian unjuk kerja guru dalam mengelola pembelajaran, mengingat hasil akhir yang ingin dicapai dalam supervsi akademik adalah adanya pencapaian mutu pembelajaran..

Terdapat tiga kunci pokok atau dalam supervisi akademik, yakni :
  • Supervisi akademik harus secara langsung mempengaruhi dan mengembangkan perilaku guru dalam mengelola proses pembelajaran; 
  • Perilaku supervisor dalam membantu guru mengembangkan kemampuannya harus didesain secara ofisial, sehingga jelas waktu mulai dan berakhirnya program pengembangan tersebut, dan; 
  • tujuan akhir supervisi akademik adalah agar guru semakin mampu memfasilitasi belajar bagi murid-muridnya.
Secara rinci, tujuan supervisi akademik akan diuraikan lebih lanjut berikut ini:
  • membantu guru mengembangkan kemampuannya profesionalnnya dalam memahami akademik, kehidupan kelas, mengembangkan keterampilan mengajarnya dan menggunakan kemampuannya melalui teknik-teknik tertentu; 
  • memonitor kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Kegiatan memonitor ini bisa dilakukan melalui kunjungan kepala sekolah ke kelas-kelas di saat guru sedang mengajar, percakapan pribadi dengan guru, teman sejawatnya, maupun dengan sebagian murid-muridnya. 
  • mendorong guru menerapkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas-tugas mengajarnya, mendorong guru mengembangkan kemampuannya sendiri, serta mendorong guru agar ia memiliki perhatian yang sungguh-sungguh (commitment) terhadap tugas dan tanggung jawabnya.     
Dari Supervisi akademik yang telah dilaksanakan di SDN Longkewang , mulai dari telaah Perangkat Pembelajaran diawal Tahun Pelajaran hingga supervisi berupa kunjungan kelas pada bulan Agustus  2018 dijumpai beberapa hal yang belum sesuai dengan yang diharapkan,seperti :
  • Penilaian pada Model Pembelajaran belum mencakupi seluruh aspek
  • Uraian materi pada Model Pembelajaran belum lengkap. 
  • Penggunaan Media belum sesuai dengan yang diharapkan
  • Kegiatan pembelajaran masih ada yang belum sesuai dengan perencana

BAB III
PENDEKATAN DAN METODE SUPERVISI
Dalam pendekatan Teknik Supervisi Akademik adalah saya memilih teknik induvidu. Hal ini  dilakukan karena dengan tekhnik induvidu akan dapat diketahui bagaimana kwalitas induvidu guru tersebut dalam pembelajranya. Dismping itu kita dapat melihat bagaiman betul keadaan guru yang sebenarnya dalam pembelajran dengan adanya pertanyaan setelah  kun jungan dalam kelas.
Adapun tekhnik supervisi induvidu terdiri dari lima macam :
  • Kunjungan kelas
  • Observasi kelas.
  • Pertemuan induvidual.
  • Kunjungan antar kelas
  • Menilai diri sendiri.
Dalam pelaksanaan Supervisi akademik di SDN Longkewang  saya memilih tekhnik indvidu kunjungan kelas. Disamping itu kita dapat juga dengan jelas memberikan bimbingan secara induvidu untuk gegiuatan tindak lanjut dalam pemecahan masalah hal-hal yang menjadi bahan pembicaraan untuk perbaikan kedepanya.


BAB IV
HASIL PELAKSANAAN PROGRAM SUPERVISI
A. Jadwal Suprevisi Akademik 
No
Hari/Tgl
Nama
Guru
Mapel//
Pokok Pembahasan/
Kompetensi Dasar
Kelas
Jam Ke
Fokus
Masalah
1
Senin,26-08 2018
Ruhiyat S.Pd
PKn
Bentuk-bentuk Negara
V
1 - 2
Kegiatan inti
konfirmasi
masalah
penguatan
dst...
dst....
dst...
dst...
dst....
dst.....
dst.....
***** 
B. Rekapitulasi Hasil Supervisi Akademik
No
Nama
Nilai Perangkat Mengajar
Nilai Proses Pembelajaran
Nilai  Penilaian Pembelajaran
Skor Rata-Rata
Catatan Hasil Temuan
1
RuhiyatS.Pd
85
83
74
81
Ada pada LK 14
dst...
dst....
dst...
dst...
dst....
dst.....
dst.....
*****
C. Menindaklanjuti Hasil Supervisi Akademik
No
Nama Guru
Fokus Masalah
Kelebihan
Kelemahan
Alternative Pemecahan Masalah
Ket.
1
Ruhiyat, S.Pd
Perangkat Pembelajaran
Secara umum aspek-aspek penuaian Model Pembelajaran sudah terpenuhi
Proses Pembelajaran
Waktu sudh sesuai dengan rencana. Diskusi berjlan dengan baik
Eksporasi belum tajam penilaian proses tidak terlaksana
Memberikan bimbingan dan memperhatikan vidio pembelajaran
Penilaian Pembelajaran
Soal sudah menjawab semua indikator
Memberikan bimbingan
dst...
dst....
dst...
dst...
dst....
dst.....
dst.....
*****
D. Rencana Pemberian Umpan Balik
No
Nama Guru
Guru Kelas / Mapel
Mengajar di kelas
Keberhasian
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan
Kesimpulan
1
RuhiyatS.Pd
PKn
V
Elaborasi berjalan dengan baik
Media pembelajaran dan penilaian proses
dst...
dst....
dst...
dst...
dst....
dst.....
dst.....
*****
D. Rencana Tindak Lanjut
No
Nama Guru
Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik Terhadap Proses Pembelajaran Guru
Bentuk Tindak Lanjut
Waktu/Tempat
1
Ruhiyat, S.Pd
Eksplorasi belum tajam. Penilaian proses belum terlaksana
Diadakan bimbingan dan vidio pembelajaran
Meyesuaika / ruang kepala
dst...
dst....
dst...
dst...
dst....
*****


 BAB V
PENUTUP
Demikianlah laporan supervisi akademik  ini dibuat dan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak, antara lain:
  1. Bagi Guru. Sebagai motivasi bagi guru untuk meningkatkan kualitas yang berhubungan dengan pembelajaran mulai dari perencanaan ( perangkat pembelajaran ) , proses pembelajaran sampai ke penilaian yang meliputi seluruh aspek. 
  2. Bagi Kepala Sekolah merupakan bahan informasi untuk memberikan masukan bagi guru guna perbaikan pembelajaran dimasa mendatang dan sebagai masukan yang sangat berguna bagi peningkatan mutu madrasah kedepannya. 
  3. Bagi siswa. Sebagai acuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. 
  4. Bagi Orang Tua Siswa. Sebagai media informasi bagi orang tua siswa untuk mengetahui secara objektif, tepat, benar, dan akurat mengenai kualitas sekolah tempat anaknya belajar. 
  5. Bagi Pengawas (atau Kepala Sekolah yang melakukan supervisi). Laporan bisa menjadi autokritik baginya tentang mutu sekolah, efektivitas proses pembelajaran, dan sejauh mana program supervisi yang didisain dan dilaksanakan efektif dalam mengembangkan kemampuan profesional guru, dan laporan supervisi bisa dijadikan sebagai titik awal untuk mendisain dan merencanakan program supervisi pada periode berikutnya. Sehingga program supervisi dari satu periode ke periode  berikutnya merupakan sesuatu yang berkelanjutan. 
  6. Bagi Dinas Pendidikan
 a) laporan supervisi bisa menjadi bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan yang relevan dengan kondisi sekolah yang real,
b) dijadikan sebagai bahan pengkajian kondisi persekolahan secara nasional

0 komentar:

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Abaut

http://wwwroges-ade.blogspot.com, between the and tags
  • About
  • http://wwwroges-ade.blogspot.com, between the and tags

    Popular Posts

    BTemplates.com

    Blogroll

    script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

    About

    script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

    Copyright © Roghes Family | Powered by Blogger
    Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com