Mata Pelajaran : PKN
Kelas / Semester : V / I
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit ( 1 x Pertemuan )
Tgl. Pelaksanaan :
Standar Kompetensi
Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuaan Republik Indoneia(NKRI)
Kompetensi Dasar
. Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Indikator
- Menunjukan batas wilayah Indonesia sebelah timur,tengah dan barat
- Menyebutkan Negara-negara yang langsung berbatasan dengan Indonesia
- Dapat menyanyikan lagu “Dari Sabang sampai Meroke “
- Menceritakan makna lagu “Dari Sabang sampai Meroke “
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat menunjukan batas-batas wilayah NKRI
- Siswa dapat menyebutkan Negara yang berbatasan dengan NKRI
- Siswa dapat menyanyikan lagu “Dari Sabang sampai Meroke “
MATERI
• Batas –batas wilayah NKRI
Timur dengan Papua New Gini
Utara dengan Singapura dan Malysia
Barat dengan Samudra Hindia
Selatan Samudra Hindia dan Australia
I. METODA
Ceramah , Demonstrasi , Tanya jawab , Penugasan
II. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
A. Kegiatan Awal :
- Apersepsi : Mengingat kembali tentang NKRI
- Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik ,maka siswa akan lebih cepat mamahami materi berikutnya.
-
B. Kegiatan Inti
- Siswa menunjukan batas-batas wilayah NKRI.
- Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang NKRI. - -Siswa mengadakan Tanya jawab dengan guru
C Kegiatan Akhir :
- Dengan bimbingan guru siswa membuat rangkuman materi
- Siswa dan guru melakukan refleksi
- Guru memberikan tugas ( PR )
V. ALAT DAN SUMBER
Sumber Pelajaran : - KTSP 2006
- Buku PKN untuk SD Kelas 5 Hal. 12-14
- Penerbit PT.Sarana Panca Karya Nusa 2007
- Penulis Drs.E.Sudarisman
Alat Pelajaran : * Peta NKRI
VI. PENILAIAN :
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Sebutkan batas-batas wilayah NKRI !
2. Negara mana saja yang menjadi tetangga NKRI ?
3. Siapa pencipta lagu “Dari Sabang sampai Meroke “?
4. Pulau apa yang menjadi sengketa dengan Malysia ?
Lembursawah,
guru Kelas V
AAM AMINAH,S.Pd.SD
NIP. 196207241984102004
0 komentar:
Post a Comment