Back to natural Selamat berkunjung di Blog ini !

Monday, April 19, 2010

RPP kls V SD PKN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN






Mata Pelajaran : PKN

Kelas / Semester : V / I

Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit ( 1 x Pertemuan )

Tgl. Pelaksanaan :





Standar Kompetensi

Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuaan Republik Indoneia(NKRI)



Kompetensi Dasar

. Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia



Indikator

- Menunjukan batas wilayah Indonesia sebelah timur,tengah dan barat

- Menyebutkan Negara-negara yang langsung berbatasan dengan Indonesia

- Dapat menyanyikan lagu “Dari Sabang sampai Meroke “

- Menceritakan makna lagu “Dari Sabang sampai Meroke “



TUJUAN PEMBELAJARAN

- Siswa dapat menunjukan batas-batas wilayah NKRI

- Siswa dapat menyebutkan Negara yang berbatasan dengan NKRI

- Siswa dapat menyanyikan lagu “Dari Sabang sampai Meroke “



MATERI

• Batas –batas wilayah NKRI

Timur dengan Papua New Gini

Utara dengan Singapura dan Malysia

Barat dengan Samudra Hindia

Selatan Samudra Hindia dan Australia



I. METODA



Ceramah , Demonstrasi , Tanya jawab , Penugasan



II. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN



A. Kegiatan Awal :

- Apersepsi : Mengingat kembali tentang NKRI

- Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik ,maka siswa akan lebih cepat mamahami materi berikutnya.

-

B. Kegiatan Inti

- Siswa menunjukan batas-batas wilayah NKRI.

- Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang NKRI. - -Siswa mengadakan Tanya jawab dengan guru





C Kegiatan Akhir :

- Dengan bimbingan guru siswa membuat rangkuman materi

- Siswa dan guru melakukan refleksi

- Guru memberikan tugas ( PR )

















V. ALAT DAN SUMBER



Sumber Pelajaran : - KTSP 2006

- Buku PKN untuk SD Kelas 5 Hal. 12-14

- Penerbit PT.Sarana Panca Karya Nusa 2007

- Penulis Drs.E.Sudarisman

Alat Pelajaran : * Peta NKRI





VI. PENILAIAN :



Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !

1. Sebutkan batas-batas wilayah NKRI !

2. Negara mana saja yang menjadi tetangga NKRI ?

3. Siapa pencipta lagu “Dari Sabang sampai Meroke “?

4. Pulau apa yang menjadi sengketa dengan Malysia ?









Lembursawah,


guru Kelas V













AAM AMINAH,S.Pd.SD

NIP. 196207241984102004

0 komentar:

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Abaut

http://wwwroges-ade.blogspot.com, between the and tags
  • About
  • http://wwwroges-ade.blogspot.com, between the and tags

    Popular Posts

    BTemplates.com

    Blogroll

    script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

    About

    script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

    Copyright © Roghes Family | Powered by Blogger
    Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com