Kelas / Semester : V / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit ( 1 x Pertemuan )
Tgl. Pelaksanaan :
Standar Kompetensi
7. Memahami teks dengan membaca sekilas ,membaca memindai dan membaca cerita anak.
Kompetensi Dasar
7.2. Menemukan informasi secara cepat dan berbagai teks khusus ( buku telepon,jadwal perjalanana,daftar susunan acara,daftar menu,dll.)yang dilakukan melalui membaca memindai
Indikator
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat membaca teks bacaan dengan cepat
- Siswa dapat menjawab pertanyaan
II. MATERI
- Teks materi terlampir dalam buku paket
III. METODA
- Ceramah , Demonstrasi , Diskusi , Tanya jawab , Penugasan
IV. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
A. Kegiatan Awal : 10 Menit
- Apersepsi : Mengingat kembali cara membaca dengan intonasi kalimat yang tepat
- Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik ,maka siswa akan lebih cepat mamahami materi berikutnya.
B. Kegiatan Inti 45 Menit
- Siswa membaca teks bacaan
- Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang diajarkan.
- Siswa mengadakan Tanya jawab dengan guru
- Siswa menuliskan dua bentuk teks khusus.
- Siswa dengan bimbingan guru merangkum materi
C Kegiatan Akhir : 15 Menit
- Dengan bimbingan guru siswa membuat rangkuman materi
- Siswa dan guru melakukan refleksi
- Guru memberikan tugas ( PR )
V. ALAT DAN SUMBER
Sumber Pelajaran : - KTSP 2006
- Buku SASEBI untuk SD Kelas V Hal. 107 - 108
- Penerbit ERLANGGA Th. 2006
- Penulis HANIF NURCHOLIS MAFRUKHI
Alat Pelajaran : Lingkungan sekitar dan poster-poster dalam kelas
VI. Penilaian ;
Bentuk Tes : Tulisan
Jenis tes : Isian
Buatlah 4 teks khusus mengenai !
1. Jadwal perjalan Kereta Api .
2. Daftar menu makanan.
3 Petunjuk telepon
4. Daftar susunana acara Perpisahan
Jawab. ;
1. ………………………………………………..
2. ………………………………………………..
3. ………………………………………………..
4. ………………………………………………..
Lembursawah,
Mengetahui Guru Kelas V
Kep.SDN 02 Lb.sawah
AAM AMINAH,S.Pd.SD
NIP. 196207241984102004
0 komentar:
Post a Comment