Back to natural Selamat berkunjung di Blog ini !

Tuesday, December 26, 2017

Bedah Soal Modul E








SOAL UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH
MODUL KK-E PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN SEKOLAH

Topik 1 Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah
1.       Berikut ini adalah pernyataan tentang visi, bahwa visi merupakan sarana untuk  : I. Mengkomunikasikan alasan keberadaan lembaga dalam arti tujuan dan tugas pokok,  II. Memperlihatkan framework hubungan antara lembaga dengan stakeholders (sumber daya manusia lembaga, konsumen/citizen, pihak lain yang terkait);  III. Menyatakan  sasaran  utama  kinerja  lembaga  dalam  arti  pertumbuhan  dan perkembangan. IV. Menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh sekolah bersangkutan.      Pernyataan yang benar adalah …. 
  1. I, II, III
  2. I, II, IV
  3. I, III, IV
  4. II, III, IV.
2.       Sekolah Dasar  Z mempunyai visi ‖ Terbuka, Cerdas, Mandiri, Anti Diskriminasi, dan Berkhlak Mulia”. Untuk mencapai visi tersebut, sekolah membuat misi yang sesuai. Di bawah ini misi yang tidak sesuai adalah ....
  1. mengembangkan potensi peserta  didik secara utuh sesuai  kecerdasannya.
  2. meningkatkan sarana-prasarana pendidikan di atas standar pelayanan minimal
  3. menumbuhkembangkan kemandirian dalam melaksanakan pendidikan/ pembelajaran sesuai dengan   SNP.
  4. mengembangkan  wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.
3.       Diantara beberapa tujuan sekolah ada yang spesifik yang disesuikan dengan jenjang sekolahnya. Berikut ini yang merupakan contoh rumusan tujuan sekolah‖ SD‖ adalah ....
  1. menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, indah, dan berwawasan wiyata mandala.
  2. mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang berakhlak, kreatif, berprestasi,  berwawasan iptek, dan lingkungan dan memiliki kemampuan berpikir kompleks
  3. mengadakan layanan publik berupa informasi kegiatan di sekolah yang berbasis ICT secara mandiri.
  4. menyiapkan peserta didik memasuki dunia kerja.
4.       Berikut ini adalah rumusan Visi, Misi dan Tujuan Sekolah :
  1. Pada   tahun 2018, semua warga sekolah dapat memanfaatkan perkembangan informasi dan teknologi sesuai dengan bidang tugas masing-masing.
  2. Pembelajaran dalam rangka menyiapkan sarana pemenuhan kompetensi peserta didik.
  3. Berprestasi, menguasai iptek, beriman dan taqwa.
  4. Meningkatkan prestasi akademik dan nonakademik yang kompetitif.
Urutan yang benar untuk visi, misi dan tujuan adalah …. 
  1. 3, 4, 2
  2. 3, 4, 1
  3. 3, 1, 4
  4. 3, 2, 1. 5.
5.       Sekolah Dasar Y memberlakukan peraturan bagi peserta didiknya setiap pagi sebelum belajar dimulai harus membaca kitab suci  selama sepuluh menit. Peserta didik yang tidak melaksanakan kegiatan tersebut akan diberi sanksi dengan membaca/mengaji dua kali lipat dari yang seharusnya dilakukan. Pada hari ini ada dua orang peserta didik yang tidak membaca kitab suci  tetapi  guru yang sedang mengajar  tidak memberikan sanksi kepada peserta didik  tersebut.  Berdasarkan kasus ini berarti guru tersebut, ….
  1. tidak tahu tentang visi sekolah
  2. tidak peduli terhadap visi sekolah.
  3. belum memahami tentang visi sekolah
  4. belum tahu sama sekali tentang susunan visi sekolah




Topik 2 Budaya Kerja sebagai Tantangan dalam Pengembangan Sekolah

1.       Budaya sekolah dipandang sebagai eksistensi suatu sekolah yang terbentuk dari hasil saling mempengaruhi antara tiga faktor berikut ini. Faktor  yang tidak mempengaruhi adalah….
  1. sikap dan kepercayaan orang yang berada di sekolah dan lingkungan luar sekolah
  2. hubungan antar individu di dalam sekolah
  3. norma - norma budaya sekolah
  4. kebijakan kepala sekolah.
2.       Untuk mengembangkan budaya kerja positif positif yang menghargai keberagaman dan tidak diskriminasi di sekolah memerlukan perjuangan yang harus berkelanjutan. Komunikasi memiliki peran yang sangat besar dalam pengembangan budaya positif di sekolah. Secara umum langkah-langkah pengembangan budaya positif di sekolah dilakukan dengan tahapan sebagai berikut….
  1. penerapan secara terbatas (area atau substansi)
  2. sosialisasi dan pemahaman
  3. evaluasi penerapan
  4. pembentukan komitmen
Urutan yang benar dari tahapan tersebut adalah
  1. 1, 2, 4, 3
  2. 2, 4, 1, 3
  3. 2, 1, 4, 3
  4. 4, 2. 1, 3. 3.
3.       Manfaat identifikasi budaya kerja yang baik di sekolah adalah untuk mengubah sikap dan perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja dalam menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang. Yang bukan  merupakan manfaat budaya kerja efektif,antara lain ....
  1. menunjukkan bahwa kita memiliki kompetensi
  2. membangun komunikasi yang lebih baik
  3. meningkatkan jiwa gotong royong
  4. saling terbuka satu sama lain.
4.       Seorang guru  sedang  menerapkan “model  pembelajaran berbasis masalah”, peserta didik bekerja dalam bentuk kelompok-kelompok. Kegiatan ini dapat mewujudkan kemampuan potensial peserta didik dan  juga menerapkan budaya sekolah yang  kurang positif di antaranya ....
  1. Kejujuran
  2. kebersamaan
  3. membangun komunikasi
  4. menunjukkan kemampuan individu.
5.       Budaya sekolah harus dapat mempengaruhi jalannya pembelajaran yang positif  bagi peserta didik. Berikut ini kegiatan yang merupakan cara untuk  mengarahkan tumbuhnya iklim yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan psikologis peserta didik adalah ....
  1. kerja bakti di sekolah
  2. kerja kelompok di dalam kelas
  3. peserta didik membuat hasil karya sesuai bakatnya
  4. peserta didik diikutsertakan dalam kegiatan porseni.
6.       Saat mengajar guru selalu memperlihatkan  kemampuan mengajarnya dengan mentrasfer materi secara utuh tanpa memperhatikan aktivitas peserta didiknya. Guru menjelaskan secara rinci, dan peserta didik hanya memperhatikan dengan sungguhsungguh. Peserta didik secara konseptual memahami materi secara utuh. Kegiatan pembelajaran tersebut, adalah ….
  1. kebiasaan guru aktif peserta didik aktif
  2. kebiasaan guru aktif peserta didik pasif
  3. kebiasaan guru pasif peserta didik aktif
  4. kebiasaan guru menggunakan CBSA.
7.       Guru menginstruksikan kepada peserta didiknya dalam melakukan evaluasi haruslah bekerja sendiri dengan penuh tanggung jawab. Pernyataan di atas, adalah Guru .… 
  1. mengaitkan budaya sekolah yang baik meliputi budaya jujur
  2. melaksanakan budaya sekolah
  3. mengaitkan PBM dengan kejujuran 
  4. membuat komitmen tentang kejujuran.
8.       Guru setelah melaksanakan proses belajar mengajar, memberikan tugas kepada peserta didiknya tugas mandiri tidak terstruktur yakni; Peserta didik disuruh mewawancarai pihak kepolisian tentang kenakalan remaja dalam penyalahgunaan obat terlarang. Teknis penyebaran tugas diserahkan sepenuhnya kepada peserta didik dengan dipimpin oleh ketua kelasnya. Guru tersebut, memberikan kesempatan kepada peserta didiknya untuk menumbuhkan iklim ….
  1. yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas kemandirian.
  2. budaya kemandirian.
  3. budaya kejujuran.
  4. budaya kreativitas.
9.       Sekolah A selalu melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam menyambut hari-hari besar nasional. Di antaranya kegiatan bakti masyarakat, khitanan masal, lomba akademik dan nonakademik. Kegiatan yang paling menonjol adalah kegiatan khitanan masal. Peserta didik menyumbangkan sebagian hartanya untuk kegiatan khitanan masal melalui mata pelajaran Pendidikan Agama dan PKn. Dana yang terkumpul sepenuhnya dikelola oleh para peserta didik melalui OSIS. Sekolah tersebut, melaksanakan kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan ....
  1. pembiasaan positif
  2. kegiatan ekstrakurikuler
  3. kegiatan intrakurikuler
  4. kegiatan keagamaan.
10.    Dalam mewujudkan sekolah yang bermutu baik akademik atau nonakademik, sekolah melaksanakan budaya membaca minimal dua jam perhari untuk seluruh warga sekolah. Kegiatan membaca dapat dilakukan di sekolah maupun di rumah, dan peserta didik wajib melaporkan isi hasil dari membaca yang telah dilakukan dalam bentuk tertulis sesuai dengan materi yang dibacanya. Kebiasaan yang dilakukan oleh warga sekolah ini, mempunyai makna untuk memotivasi ....
  1. peserta didik berprestasi
  2. peserta didik bersaing dalam belajar
  3. peserta didik berpartisifasi aktif dalam belajar
  4. tumbuhnya iklim budaya membaca.
11.    Sekolah akan mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi setiap peserta didiknya. Untuk menyikapi hal tersebut, yang dilakukan oleh sekolah adalah ... .
  1. mengadakan jam wajib baca dan menulis bagi setiap peserta didik di luar jam belajar 
  2. menambah jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut
  3. setiap proses pembelajaran disepakati menggunakan perpustakaan sebagai sumber belajar,
  4. dalam proses pembelajaran untuk setiap tema disepakati mengembangkan budaya membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan


Topik 3 Jejaring Kemitraan sebagai Tantangan dalam Pengembangan Sekolah

1.       Kepala sekolah sedang mencatat dan menganalisis tentang kekuatan dan kelemahan dari warga sekolahnya, di antaranya kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik dan orang tua. Kemudian berfikir bagaimana cara memanfaatkan keempat komponen warga sekolah tersebut. Yang sedang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut adalah : 
A.      rencana program pengembangan kemitraan sekolah
B.      Dalam menganalisis hasil kemitraan sekolahnya
C.      melakukan eksplorasi strategi kemitraan sekolah 
D.      melakukan refleksi tarhadap kondisi kemitraan sekolahnya
2.       Membuat rangka pelaksanaan kemitraan sekolah dengan masyarakat, agar semua warga sekolah mengetahui tentang aktifitas dan prestasi, maka  Sekolah A menerbitkan buletin, memasang iklan dan membuat pemberitahuan khusus melalui media massa, serta mengadakan kegiatan pentas seni. Hal ini termasuk kemitraan sekolah dengan masyarakat untuk jenis kegiatan....
  1. eksternal indirect act
  2. eksternal direct act
  3. internal indirect act
  4. internal direct act
3.       Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, pihak sekolah mengundang para orang tua peserta didik untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan lomba, dan mengunjungi museum. Salah satu lomba yang dilakukan adalah pesan berantai yang diikuti oleh  setiap kelompok sepuluh orang yang terdiri dari lima  peserta didik  beserta orang tuanya. Kegiatan ini termasuk tahapan pengelolaan mitra kerja sekolah...
  1. memulai kemitraan
  2. membangun kemitraan
  3. membangun visi bersama
  4. mengimplementasikan kemitraan
4.       Kepala sekolah selalu menyampaikan informasi secara objektif dan kontinyu tentang perkembangan sekolahnya kepada orang tua dan instansi terkait secara resmi. Hal ini dilakukan agar masyarakat merespon dan turut berpartisipasi dalam memberikan dukungan terhadap program-program sekolah. Yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut dikaitkan dengan kemitraan sekolah adalah ...
  1. asas kerja kemitraan sekolah dengan masyarakat. 
  2. faktor pendukung kemitraan sekolah
  3. jenis kegiatan kemitraan sekolah
  4. manfaat kemitraan sekolah
5.       Pendidikan menjadi tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Dalam kenyataan yang sering kita lihat umumnya kemitraan yang yang dilakukan oleh sekolah kepada masyarakat selalu berhubungan dengan ―uang‖. Sesungguhnya banyak bentuk kemitraan yang dapat dilakukan oleh sekolah yang ―bukan uang‖ terutama yang mendukung penyelenggaraan proses pendidikan. Di bawah ini yang bukan merupakan bentuk cara kemitraan adalah ....
  1. mengundang pihak kepolisian untuk menjelaskan tentang tata tertib lalu lintas
  2. mengundang pelukis untuk mengajarkan pada peserta didik tentang dasar-dasar melukis
  3. mengundang penerbit buku untuk menyiapkan bus yang akan digunakan study tour bagi guru- guru
  4. mengundang tokoh agama untuk memberikan ceramah pada peringatan hari besar keagamaan
6.       Dalam rangka membekali keterampilan peserta didik, sekolah melaksanakan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri dengan melibatkan tenaga ahli, sehingga peserta didik dapat memiliki ketrampilan sebagai bekal dalam memasuki dunia kerja. Kerja sama yang dilakukan sekolah ini adalah upaya  untuk mewujudkan ….
  1. kemitraan dalam pengembangan sekolah.
  2. pengembangan sekolah sebagai pusat pembelajaran
  3. pengembangan sekolah sebagai organisasi pembelajar
  4. pengembangan sekolah sebagai pusat pendidikan
7.       Untuk mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan, dilakukan upaya antara lain : mencari dukungan dana dan barang jadi, pembuatan taman, pengadaan tong sampah dan tempat penampungan sampah sementara dan merelief dinding, menanam bunga dan jenis tanaman lainnya.  Upaya yang dilakukan oleh sekolah tersebut, adalah ....
  1. menggali bentuk dukungan masyarakat
  2. menggali bentuk dukungan masyarakat/stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan
  3. menggali dukungan moral dari berbagai pihak kepentingan
  4. menggali dukungan moral dalam penyelenggaraan pendidikan
8.       Guna meningkatkan motivasi peserta didik dalam PBM, sekolah mendatangkan dokter, polisi, bidan, tokoh agama, dll. dalam proses pembelajaran. Berdasarkan deskripsi tersebut, sesungguhnya sekolah sedang melakukan ....
  1. perencanaan yang sistematis
  2. kemitraan dengan dunia usaha
  3. kemitraan dengan masyarakat 
  4. peningkatan prestasi peserta didik
9.       Untuk mengatasi kondisi sekolah yang sebagian sarana prasarananya mengalami rusak berat dan sangat tidak asesibel, Kepala Sekolah berusaha mengembangkan sekolah dengan menjalin kemitraan dengan berbagai perusahaan, BUMN, BUMD juga perseorangan. Hasil yang didapatkan menunjukkan perubahan yang sangat signifikan, kemampuan sekolah tersebut menunjukkan kemampuan dalam....
  1. membangun kemitraannya dengan berbagai pihak.
  2. membangun kemitraannya dengan berbagai pihak dalam aspek sarana dan prasarana
  3. membangun kemitraannya dengan stakeholder untuk meningkatkan kualitas pendidikan
  4. membangun kemitraannya dengan pemerintah pusat dan daerah.
10.    Kondisi sekolah B sangat memprihatinkan. Jumlah tenaga pengajar yang sangat terbatas, tenaga administrasi yang tidak sesuai dengan kualifikasi dan jumlahnya, semangat belajar peserta didik yang sangat rendah meskipun faktor pendukung lainnya sudah memenuhi SPM,  mengakibatkan pelaksanaan pembelajaran berjalan tersendat-sendat Berdasarkan fakta tersebut, sekolah B harus ….
  1. menggali sumber daya yang lengkap.
  2. menggali sumber daya khususnya kepala sekolah yang berkompeten
  3. menggali sumber daya dari pemangku kepentingan khusunya aspek pendidik dan tenaga kependidikan
  4. menggali sumber daya terutama tenaga kependidikan.
11.    SDN Tunas Bangsa kota X sudah tergolong sekolah yang  maju dengan akreditasi A. Sekolah ini sudah melakukan kemitraan dengan beberapa lembaga maupun instansi yang sangat membantu perkembangan sekolah. Diantaranya adalah dengan dinas kesehatan, dinas kebersihan, dinas kehutanan,  kepolisian,  RRI, TVRI dll. Informasi ini selalu disampaikan oleh kepala sekolah bersama komite kepada orangtua peserta didik baru di awal tahun ajaran dalam rapat pertemuan dengan orangtua peserta didik baru. Penyampaian informasi yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah termasuk kegiatan... .
  1. eksternal indirect art
  2. eksternal direct art
  3. internal indirect art
  4. internal direct art

Topik 4 Tahap-tahap Pengembangan Sekolah
1.       Pak Rudi baru saja dimutasikan sebagai kepala sekolah yang di tugaskan di sekolah Y yang terletak di tengah-tengah kota. Empat tahun yang lalu pak Rudi sebagai guru di sekolah ini dan diangkat menjadi kepala sekolah di sekolah lain. Sekolah ini memiliki jumlah pendidik dan tenaga kependidikan yang sesui SNP, serta sarana dan prasarana yang memadai. Dalam kenyataaanya hasil ujian nasional peserta didiknya masih di bawah rata-rata kota. Dari data penerimaan peserta didik  baru peminatnya juga menurun. Beliau merasa heran karena dulunya ini sekolah yang pavorit. Dari data guru ternyata 70 % guru adalah pindahan dari sekolah lain 30 % adalah temantemannya dulu. Pak Rudi ingin mengembangkan sekolah ini agar minimal dapat mengembalikan prestasi sekolah ini seperti pada saat dia masih jadi guru di sekolah tersebut. Menurut Bapak/Ibu komponen apa yang harus menjadi prioritas pengembangan? ….
  1. layanan khusus
  2. sarana dan prasarana
  3. keuangan dan pembiayaan
  4. pendidik dan tenaga kependidikan.
2.       Untuk mengembangkan perangkat  yang menunjang organisasi pembelajar di sekolah, diperlukan kepemimpinan organisasi yang kuat, sistem organisasi yang mantap, komitmen individu warga sekolah, penciptaan budaya belajar/budaya sekolah, memperpendek sistem birokrasi, serta meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan personil. Dalam rapat dengan dewan guru, kepala sekolah meminta kepada semua personil sekolah agar bisa hadir di sekolah lebih awal dari jam masuk sekolah, selalu menjadi teladan bagi peserta didik, selalu bertegur sapa dan bersalaman dengan peserta didik  sebelum masuk kelas, serta melaksanakan pembelajaran yang membuat peserta didik  aktif. Yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut adalah dalam rangka mengembangkan ...
  1. budaya sekolah
  2. dukungan warga sekolah
  3. kemitraan sekolah dengan masyarakat
  4. melaksanakan tugas rutinitas sebagai kepala sekolah.
3.       Setiap akhir tahun ajaran Pak Nardi sebagai  kepala sekolah selalu melihat kembali program yang sudah dilaksanakan. Melihat mana yang sudah tercapai dan mana yang belum. Beliau juga selalu melaporkan hasilnya kepada semua warga sekolah baik internal maupun eksternal sesuai kenyataannya tanpa ditutup tutupi. Dari apa yang dilaporkan pak Nardi selalu meminta saran dan masukan dari semua warga sekolah. Apa yang dilakukan pak Nardi adalah ...
  1. merumuskan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan
  2. melaksanakan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan
  3. menggali kemitraan dalam pengembangan sekolah
  4. menggali bentuk dukungan masyarakat.

4.       Implementasi program pengembangan sekolah senantiasa berimplikasi pada perubahan yang harus dialami oleh semua warga maupun berbagai pihak terkait. Awal dari perubahan yang sukses biasanya adalah pemimpin yang menunjukkan kepercayaan diri, terampil, dan dapat dipercaya. Sebagai seorang pimpinan, harus dapat mengidentifikasi kekhawatiran orang-orang yang akan terkena dampak pengembangan  sekolah Berdasarkan ilustrasi di atas, sebagai kepala sekolah harus menjadi …
  1. inspirasi, memberi  motivasi dalam melakukan perubahan
  2. inspirasi dan motivasi dalam melakukan pembinaan untuk  warganya
  3. inspirasi  dan memberi motivasi dalam melalukan perubahan yang akan, sedang dan telah terjadi.
  4. pembimbing dan Pembina yang handal.
5.       Kepala sekolah  perlu menjadi inspirasi, memberi motivasi, dan membimbing warga sekolah dan pihak-pihak terkait untuk dapat beradaptasi dengan perubahan yang akan, sedang, dan telah terjadi. Setiap program pengembangan sekolah akan membawa individu dalam organisasi pada posisi transisi. Berdasarkan ilustrasi tersebuat adalah salah  satu ….
  1. mplementasi program pengembangan sekolah
  2. program pengembangan sekolah
  3. program kemitraan sekolah dengan steak holder
  4. program membuat jejaring dengan pihak terkait
6.       SDN 25 terletak di sebuah  desa yang jaraknya sekitar 20 km dari kota kecamatan.                  Di kecamatan tersebut hanya ada 1 sekolah SMP Negeri dan 4 SDN di 4 desa.  Rata-rata penduduk kecamatan ini adalah petani. Dalam  usaha untuk pengembangan sekolah, Kepala sekolah SDN 25 ingin menjalin kemitraan. Menurut Saudara kemitraan yang dapat dilakukan adalah dengan... .
  1. SMPN
  2. Pak Camat
  3. kepala desa
  4. kelompok Tani
7.       Pada dasarnya pengembangan sekolah dapat didefinisikan secara sederhana sebagai perubahan kondisi fisik dan nonfisik. Dari kondisi yang kurang baik menjadi lebih baik. Perubahan dapat dilihat dari sisi kuantitatif dan kualitatif. Berikut ini yang merupakan contoh perubahan kualitatif adalah ...
  1. jumlah guru sudah memenuhi SNP
  2. jumlah peserta didik setiap tahunnya meningkat
  3. luasnya wawasan peserta didik dalam menyampaikan pendapatnya
  4. sekolah sudah memiliki ruang perpustakaan, sarana olahraga, dan mushollah.
8.       Sekolah sesuai dengan fungsi asalnya adalah lembaga untuk mendidik dan mentransfer ilmu, budaya, seni dan teknologi, serta mewariskan nilai-nilai moral dan kearifan kepada peserta didik melalui proses belajar-mengajar dan pembimbingan di lingkungan sekolah. Oleh karenanya hasil pendidikan di  sekolah yang baik  adalah agar peserta didik dapat  ... .
  1. masuk SMP unggulan
  2. lulus ujian dengan hasil memuaskan
  3. mencapai KKM yang ditetapkan sekolah
  4. memiliki karakter kepribadian yang kuat, kokoh, dan mantap.

0 komentar:

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Abaut

http://wwwroges-ade.blogspot.com, between the and tags
  • About
  • http://wwwroges-ade.blogspot.com, between the and tags

    Popular Posts

    BTemplates.com

    Blogroll

    script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

    About

    script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

    Copyright © Roghes Family | Powered by Blogger
    Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com