SOAL
UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH
MODUL
KK-E PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN SEKOLAH
Topik
1 Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah
1.
Berikut ini adalah pernyataan tentang
visi, bahwa visi merupakan sarana untuk
: I. Mengkomunikasikan alasan keberadaan lembaga dalam arti tujuan dan
tugas pokok, II. Memperlihatkan
framework hubungan antara lembaga dengan stakeholders (sumber daya manusia
lembaga, konsumen/citizen, pihak lain yang terkait); III. Menyatakan sasaran
utama kinerja lembaga
dalam arti pertumbuhan
dan perkembangan. IV. Menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak
dicapai oleh sekolah bersangkutan.
Pernyataan yang benar adalah ….
- I, II, III
- I, II, IV
- I, III, IV
- II, III, IV.
2.
Sekolah Dasar Z mempunyai visi ‖ Terbuka, Cerdas, Mandiri,
Anti Diskriminasi, dan Berkhlak Mulia”. Untuk mencapai visi tersebut, sekolah
membuat misi yang sesuai. Di bawah ini misi yang tidak sesuai adalah ....
- mengembangkan potensi peserta didik secara utuh sesuai kecerdasannya.
- meningkatkan sarana-prasarana pendidikan di atas standar pelayanan minimal
- menumbuhkembangkan kemandirian dalam melaksanakan pendidikan/ pembelajaran sesuai dengan SNP.
- mengembangkan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.
3.
Diantara beberapa tujuan sekolah ada
yang spesifik yang disesuikan dengan jenjang sekolahnya. Berikut ini yang
merupakan contoh rumusan tujuan sekolah‖ SD‖ adalah ....
- menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, indah, dan berwawasan wiyata mandala.
- mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang berakhlak, kreatif, berprestasi, berwawasan iptek, dan lingkungan dan memiliki kemampuan berpikir kompleks
- mengadakan layanan publik berupa informasi kegiatan di sekolah yang berbasis ICT secara mandiri.
- menyiapkan peserta didik memasuki dunia kerja.
4.
Berikut ini adalah rumusan Visi, Misi
dan Tujuan Sekolah :
- Pada tahun 2018, semua warga sekolah dapat memanfaatkan perkembangan informasi dan teknologi sesuai dengan bidang tugas masing-masing.
- Pembelajaran dalam rangka menyiapkan sarana pemenuhan kompetensi peserta didik.
- Berprestasi, menguasai iptek, beriman dan taqwa.
- Meningkatkan prestasi akademik dan nonakademik yang kompetitif.
Urutan
yang benar untuk visi, misi dan tujuan adalah ….
- 3, 4, 2
- 3, 4, 1
- 3, 1, 4
- 3, 2, 1. 5.
5.
Sekolah Dasar Y memberlakukan peraturan
bagi peserta didiknya setiap pagi sebelum belajar dimulai harus membaca kitab
suci selama sepuluh menit. Peserta didik
yang tidak melaksanakan kegiatan tersebut akan diberi sanksi dengan
membaca/mengaji dua kali lipat dari yang seharusnya dilakukan. Pada hari ini
ada dua orang peserta didik yang tidak membaca kitab suci tetapi
guru yang sedang mengajar tidak
memberikan sanksi kepada peserta didik
tersebut. Berdasarkan kasus ini
berarti guru tersebut, ….
- tidak tahu tentang visi sekolah
- tidak peduli terhadap visi sekolah.
- belum memahami tentang visi sekolah
- belum tahu sama sekali tentang susunan visi sekolah
Topik
2 Budaya Kerja sebagai Tantangan dalam Pengembangan Sekolah
1.
Budaya sekolah dipandang sebagai
eksistensi suatu sekolah yang terbentuk dari hasil saling mempengaruhi antara
tiga faktor berikut ini. Faktor yang
tidak mempengaruhi adalah….
- sikap dan kepercayaan orang yang berada di sekolah dan lingkungan luar sekolah
- hubungan antar individu di dalam sekolah
- norma - norma budaya sekolah
- kebijakan kepala sekolah.
2.
Untuk mengembangkan budaya kerja positif
positif yang menghargai keberagaman dan tidak diskriminasi di sekolah
memerlukan perjuangan yang harus berkelanjutan. Komunikasi memiliki peran yang
sangat besar dalam pengembangan budaya positif di sekolah. Secara umum
langkah-langkah pengembangan budaya positif di sekolah dilakukan dengan tahapan
sebagai berikut….
- penerapan secara terbatas (area atau substansi)
- sosialisasi dan pemahaman
- evaluasi penerapan
- pembentukan komitmen
Urutan
yang benar dari tahapan tersebut adalah
- 1, 2, 4, 3
- 2, 4, 1, 3
- 2, 1, 4, 3
- 4, 2. 1, 3. 3.
3.
Manfaat identifikasi budaya kerja yang
baik di sekolah adalah untuk mengubah sikap dan perilaku SDM yang ada agar
dapat meningkatkan produktivitas kerja dalam menghadapi berbagai tantangan di
masa mendatang. Yang bukan merupakan
manfaat budaya kerja efektif,antara lain ....
- menunjukkan bahwa kita memiliki kompetensi
- membangun komunikasi yang lebih baik
- meningkatkan jiwa gotong royong
- saling terbuka satu sama lain.
4.
Seorang guru sedang
menerapkan “model pembelajaran
berbasis masalah”, peserta didik bekerja dalam bentuk kelompok-kelompok.
Kegiatan ini dapat mewujudkan kemampuan potensial peserta didik dan juga menerapkan budaya sekolah yang kurang positif di antaranya ....
- Kejujuran
- kebersamaan
- membangun komunikasi
- menunjukkan kemampuan individu.
5.
Budaya sekolah harus dapat mempengaruhi
jalannya pembelajaran yang positif bagi
peserta didik. Berikut ini kegiatan yang merupakan cara untuk mengarahkan tumbuhnya iklim yang memotivasi
timbulnya prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat dan
perkembangan psikologis peserta didik adalah ....
- kerja bakti di sekolah
- kerja kelompok di dalam kelas
- peserta didik membuat hasil karya sesuai bakatnya
- peserta didik diikutsertakan dalam kegiatan porseni.
6.
Saat mengajar guru selalu
memperlihatkan kemampuan mengajarnya
dengan mentrasfer materi secara utuh tanpa memperhatikan aktivitas peserta
didiknya. Guru menjelaskan secara rinci, dan peserta didik hanya memperhatikan
dengan sungguhsungguh. Peserta didik secara konseptual memahami materi secara
utuh. Kegiatan pembelajaran tersebut, adalah ….
- kebiasaan guru aktif peserta didik aktif
- kebiasaan guru aktif peserta didik pasif
- kebiasaan guru pasif peserta didik aktif
- kebiasaan guru menggunakan CBSA.
7.
Guru menginstruksikan kepada peserta
didiknya dalam melakukan evaluasi haruslah bekerja sendiri dengan penuh
tanggung jawab. Pernyataan di atas, adalah Guru .…
- mengaitkan budaya sekolah yang baik meliputi budaya jujur
- melaksanakan budaya sekolah
- mengaitkan PBM dengan kejujuran
- membuat komitmen tentang kejujuran.
8.
Guru setelah melaksanakan proses belajar
mengajar, memberikan tugas kepada peserta didiknya tugas mandiri tidak
terstruktur yakni; Peserta didik disuruh mewawancarai pihak kepolisian tentang
kenakalan remaja dalam penyalahgunaan obat terlarang. Teknis penyebaran tugas
diserahkan sepenuhnya kepada peserta didik dengan dipimpin oleh ketua kelasnya.
Guru tersebut, memberikan kesempatan kepada peserta didiknya untuk menumbuhkan
iklim ….
- yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas kemandirian.
- budaya kemandirian.
- budaya kejujuran.
- budaya kreativitas.
9.
Sekolah A selalu melaksanakan
kegiatan-kegiatan dalam menyambut hari-hari besar nasional. Di antaranya
kegiatan bakti masyarakat, khitanan masal, lomba akademik dan nonakademik.
Kegiatan yang paling menonjol adalah kegiatan khitanan masal. Peserta didik
menyumbangkan sebagian hartanya untuk kegiatan khitanan masal melalui mata
pelajaran Pendidikan Agama dan PKn. Dana yang terkumpul sepenuhnya dikelola
oleh para peserta didik melalui OSIS. Sekolah tersebut, melaksanakan kegiatan
ini bertujuan untuk mengembangkan ....
- pembiasaan positif
- kegiatan ekstrakurikuler
- kegiatan intrakurikuler
- kegiatan keagamaan.
10.
Dalam mewujudkan sekolah yang bermutu
baik akademik atau nonakademik, sekolah melaksanakan budaya membaca minimal dua
jam perhari untuk seluruh warga sekolah. Kegiatan membaca dapat dilakukan di
sekolah maupun di rumah, dan peserta didik wajib melaporkan isi hasil dari
membaca yang telah dilakukan dalam bentuk tertulis sesuai dengan materi yang
dibacanya. Kebiasaan yang dilakukan oleh warga sekolah ini, mempunyai makna
untuk memotivasi ....
- peserta didik berprestasi
- peserta didik bersaing dalam belajar
- peserta didik berpartisifasi aktif dalam belajar
- tumbuhnya iklim budaya membaca.
11.
Sekolah akan mengembangkan budaya
membaca dan menulis bagi setiap peserta didiknya. Untuk menyikapi hal tersebut,
yang dilakukan oleh sekolah adalah ... .
- mengadakan jam wajib baca dan menulis bagi setiap peserta didik di luar jam belajar
- menambah jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut
- setiap proses pembelajaran disepakati menggunakan perpustakaan sebagai sumber belajar,
- dalam proses pembelajaran untuk setiap tema disepakati mengembangkan budaya membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan
Topik
3 Jejaring Kemitraan sebagai Tantangan dalam Pengembangan Sekolah
1.
Kepala sekolah sedang mencatat dan
menganalisis tentang kekuatan dan kelemahan dari warga sekolahnya, di antaranya
kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik dan orang tua.
Kemudian berfikir bagaimana cara memanfaatkan keempat komponen warga sekolah
tersebut. Yang sedang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut adalah :
A.
rencana program pengembangan kemitraan
sekolah
B. Dalam menganalisis hasil kemitraan sekolahnya
C.
melakukan eksplorasi strategi kemitraan
sekolah
D.
melakukan refleksi tarhadap kondisi
kemitraan sekolahnya
2.
Membuat rangka pelaksanaan kemitraan
sekolah dengan masyarakat, agar semua warga sekolah mengetahui tentang
aktifitas dan prestasi, maka Sekolah A
menerbitkan buletin, memasang iklan dan membuat pemberitahuan khusus melalui
media massa, serta mengadakan kegiatan pentas seni. Hal ini termasuk kemitraan
sekolah dengan masyarakat untuk jenis kegiatan....
- eksternal indirect act
- eksternal direct act
- internal indirect act
- internal direct act
3.
Dalam rangka memperingati hari
kemerdekaan Republik Indonesia, pihak sekolah mengundang para orang tua peserta
didik untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan lomba, dan mengunjungi museum.
Salah satu lomba yang dilakukan adalah pesan berantai yang diikuti oleh setiap kelompok sepuluh orang yang terdiri
dari lima peserta didik beserta orang tuanya. Kegiatan ini termasuk
tahapan pengelolaan mitra kerja sekolah...
- memulai kemitraan
- membangun kemitraan
- membangun visi bersama
- mengimplementasikan kemitraan
4.
Kepala sekolah selalu menyampaikan
informasi secara objektif dan kontinyu tentang perkembangan sekolahnya kepada
orang tua dan instansi terkait secara resmi. Hal ini dilakukan agar masyarakat
merespon dan turut berpartisipasi dalam memberikan dukungan terhadap
program-program sekolah. Yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut dikaitkan
dengan kemitraan sekolah adalah ...
- asas kerja kemitraan sekolah dengan masyarakat.
- faktor pendukung kemitraan sekolah
- jenis kegiatan kemitraan sekolah
- manfaat kemitraan sekolah
5.
Pendidikan menjadi tanggung jawab
bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Dalam kenyataan yang sering
kita lihat umumnya kemitraan yang yang dilakukan oleh sekolah kepada masyarakat
selalu berhubungan dengan ―uang‖. Sesungguhnya banyak bentuk kemitraan yang
dapat dilakukan oleh sekolah yang ―bukan uang‖ terutama yang mendukung
penyelenggaraan proses pendidikan. Di bawah ini yang bukan merupakan bentuk
cara kemitraan adalah ....
- mengundang pihak kepolisian untuk menjelaskan tentang tata tertib lalu lintas
- mengundang pelukis untuk mengajarkan pada peserta didik tentang dasar-dasar melukis
- mengundang penerbit buku untuk menyiapkan bus yang akan digunakan study tour bagi guru- guru
- mengundang tokoh agama untuk memberikan ceramah pada peringatan hari besar keagamaan
6.
Dalam rangka membekali keterampilan
peserta didik, sekolah melaksanakan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia
industri dengan melibatkan tenaga ahli, sehingga peserta didik dapat memiliki
ketrampilan sebagai bekal dalam memasuki dunia kerja. Kerja sama yang dilakukan
sekolah ini adalah upaya untuk
mewujudkan ….
- kemitraan dalam pengembangan sekolah.
- pengembangan sekolah sebagai pusat pembelajaran
- pengembangan sekolah sebagai organisasi pembelajar
- pengembangan sekolah sebagai pusat pendidikan
7.
Untuk mewujudkan sekolah yang berwawasan
lingkungan, dilakukan upaya antara lain : mencari dukungan dana dan barang
jadi, pembuatan taman, pengadaan tong sampah dan tempat penampungan sampah
sementara dan merelief dinding, menanam bunga dan jenis tanaman lainnya. Upaya yang dilakukan oleh sekolah tersebut,
adalah ....
- menggali bentuk dukungan masyarakat
- menggali bentuk dukungan masyarakat/stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan
- menggali dukungan moral dari berbagai pihak kepentingan
- menggali dukungan moral dalam penyelenggaraan pendidikan
8.
Guna meningkatkan motivasi peserta didik
dalam PBM, sekolah mendatangkan dokter, polisi, bidan, tokoh agama, dll. dalam
proses pembelajaran. Berdasarkan deskripsi tersebut, sesungguhnya sekolah
sedang melakukan ....
- perencanaan yang sistematis
- kemitraan dengan dunia usaha
- kemitraan dengan masyarakat
- peningkatan prestasi peserta didik
9.
Untuk mengatasi kondisi sekolah yang
sebagian sarana prasarananya mengalami rusak berat dan sangat tidak asesibel,
Kepala Sekolah berusaha mengembangkan sekolah dengan menjalin kemitraan dengan
berbagai perusahaan, BUMN, BUMD juga perseorangan. Hasil yang didapatkan
menunjukkan perubahan yang sangat signifikan, kemampuan sekolah tersebut menunjukkan
kemampuan dalam....
- membangun kemitraannya dengan berbagai pihak.
- membangun kemitraannya dengan berbagai pihak dalam aspek sarana dan prasarana
- membangun kemitraannya dengan stakeholder untuk meningkatkan kualitas pendidikan
- membangun kemitraannya dengan pemerintah pusat dan daerah.
10.
Kondisi sekolah B sangat memprihatinkan.
Jumlah tenaga pengajar yang sangat terbatas, tenaga administrasi yang tidak
sesuai dengan kualifikasi dan jumlahnya, semangat belajar peserta didik yang
sangat rendah meskipun faktor pendukung lainnya sudah memenuhi SPM, mengakibatkan pelaksanaan pembelajaran
berjalan tersendat-sendat Berdasarkan fakta tersebut, sekolah B harus ….
- menggali sumber daya yang lengkap.
- menggali sumber daya khususnya kepala sekolah yang berkompeten
- menggali sumber daya dari pemangku kepentingan khusunya aspek pendidik dan tenaga kependidikan
- menggali sumber daya terutama tenaga kependidikan.
11.
SDN Tunas Bangsa kota X sudah tergolong
sekolah yang maju dengan akreditasi A.
Sekolah ini sudah melakukan kemitraan dengan beberapa lembaga maupun instansi
yang sangat membantu perkembangan sekolah. Diantaranya adalah dengan dinas
kesehatan, dinas kebersihan, dinas kehutanan,
kepolisian, RRI, TVRI dll.
Informasi ini selalu disampaikan oleh kepala sekolah bersama komite kepada
orangtua peserta didik baru di awal tahun ajaran dalam rapat pertemuan dengan
orangtua peserta didik baru. Penyampaian informasi yang dilakukan oleh kepala
sekolah adalah termasuk kegiatan... .
- eksternal indirect art
- eksternal direct art
- internal indirect art
- internal direct art
Topik
4 Tahap-tahap Pengembangan Sekolah
1.
Pak Rudi baru saja dimutasikan sebagai
kepala sekolah yang di tugaskan di sekolah Y yang terletak di tengah-tengah
kota. Empat tahun yang lalu pak Rudi sebagai guru di sekolah ini dan diangkat
menjadi kepala sekolah di sekolah lain. Sekolah ini memiliki jumlah pendidik
dan tenaga kependidikan yang sesui SNP, serta sarana dan prasarana yang
memadai. Dalam kenyataaanya hasil ujian nasional peserta didiknya masih di
bawah rata-rata kota. Dari data penerimaan peserta didik baru peminatnya juga menurun. Beliau merasa
heran karena dulunya ini sekolah yang pavorit. Dari data guru ternyata 70 %
guru adalah pindahan dari sekolah lain 30 % adalah temantemannya dulu. Pak Rudi
ingin mengembangkan sekolah ini agar minimal dapat mengembalikan prestasi
sekolah ini seperti pada saat dia masih jadi guru di sekolah tersebut. Menurut
Bapak/Ibu komponen apa yang harus menjadi prioritas pengembangan? ….
- layanan khusus
- sarana dan prasarana
- keuangan dan pembiayaan
- pendidik dan tenaga kependidikan.
2.
Untuk mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi pembelajar di
sekolah, diperlukan kepemimpinan organisasi yang kuat, sistem organisasi yang
mantap, komitmen individu warga sekolah, penciptaan budaya belajar/budaya
sekolah, memperpendek sistem birokrasi, serta meningkatkan pengetahuan dan
ketrampilan personil. Dalam rapat dengan dewan guru, kepala sekolah meminta
kepada semua personil sekolah agar bisa hadir di sekolah lebih awal dari jam
masuk sekolah, selalu menjadi teladan bagi peserta didik, selalu bertegur sapa
dan bersalaman dengan peserta didik
sebelum masuk kelas, serta melaksanakan pembelajaran yang membuat
peserta didik aktif. Yang dilakukan oleh
kepala sekolah tersebut adalah dalam rangka mengembangkan ...
- budaya sekolah
- dukungan warga sekolah
- kemitraan sekolah dengan masyarakat
- melaksanakan tugas rutinitas sebagai kepala sekolah.
3.
Setiap akhir tahun ajaran Pak Nardi
sebagai kepala sekolah selalu melihat
kembali program yang sudah dilaksanakan. Melihat mana yang sudah tercapai dan
mana yang belum. Beliau juga selalu melaporkan hasilnya kepada semua warga
sekolah baik internal maupun eksternal sesuai kenyataannya tanpa ditutup
tutupi. Dari apa yang dilaporkan pak Nardi selalu meminta saran dan masukan
dari semua warga sekolah. Apa yang dilakukan pak Nardi adalah ...
- merumuskan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan
- melaksanakan prinsip-prinsip evaluasi pengembangan
- menggali kemitraan dalam pengembangan sekolah
- menggali bentuk dukungan masyarakat.
4.
Implementasi program pengembangan
sekolah senantiasa berimplikasi pada perubahan yang harus dialami oleh semua
warga maupun berbagai pihak terkait. Awal dari perubahan yang sukses biasanya adalah
pemimpin yang menunjukkan kepercayaan diri, terampil, dan dapat dipercaya.
Sebagai seorang pimpinan, harus dapat mengidentifikasi kekhawatiran orang-orang
yang akan terkena dampak pengembangan
sekolah Berdasarkan ilustrasi di atas, sebagai kepala sekolah harus
menjadi …
- inspirasi, memberi motivasi dalam melakukan perubahan
- inspirasi dan motivasi dalam melakukan pembinaan untuk warganya
- inspirasi dan memberi motivasi dalam melalukan perubahan yang akan, sedang dan telah terjadi.
- pembimbing dan Pembina yang handal.
5.
Kepala sekolah perlu menjadi inspirasi, memberi motivasi,
dan membimbing warga sekolah dan pihak-pihak terkait untuk dapat beradaptasi
dengan perubahan yang akan, sedang, dan telah terjadi. Setiap program
pengembangan sekolah akan membawa individu dalam organisasi pada posisi
transisi. Berdasarkan ilustrasi tersebuat adalah salah satu ….
- mplementasi program pengembangan sekolah
- program pengembangan sekolah
- program kemitraan sekolah dengan steak holder
- program membuat jejaring dengan pihak terkait
6.
SDN 25 terletak di sebuah desa yang jaraknya sekitar 20 km dari kota
kecamatan. Di kecamatan
tersebut hanya ada 1 sekolah SMP Negeri dan 4 SDN di 4 desa. Rata-rata penduduk kecamatan ini adalah
petani. Dalam usaha untuk pengembangan
sekolah, Kepala sekolah SDN 25 ingin menjalin kemitraan. Menurut Saudara
kemitraan yang dapat dilakukan adalah dengan... .
- SMPN
- Pak Camat
- kepala desa
- kelompok Tani
7.
Pada dasarnya pengembangan sekolah dapat
didefinisikan secara sederhana sebagai perubahan kondisi fisik dan nonfisik.
Dari kondisi yang kurang baik menjadi lebih baik. Perubahan dapat dilihat dari
sisi kuantitatif dan kualitatif. Berikut ini yang merupakan contoh perubahan
kualitatif adalah ...
- jumlah guru sudah memenuhi SNP
- jumlah peserta didik setiap tahunnya meningkat
- luasnya wawasan peserta didik dalam menyampaikan pendapatnya
- sekolah sudah memiliki ruang perpustakaan, sarana olahraga, dan mushollah.
8.
Sekolah sesuai dengan fungsi asalnya
adalah lembaga untuk mendidik dan mentransfer ilmu, budaya, seni dan teknologi,
serta mewariskan nilai-nilai moral dan kearifan kepada peserta didik melalui
proses belajar-mengajar dan pembimbingan di lingkungan sekolah. Oleh karenanya
hasil pendidikan di sekolah yang
baik adalah agar peserta didik
dapat ... .
- masuk SMP unggulan
- lulus ujian dengan hasil memuaskan
- mencapai KKM yang ditetapkan sekolah
- memiliki karakter kepribadian yang kuat, kokoh, dan mantap.
0 komentar:
Post a Comment