Back to natural Selamat berkunjung di Blog ini !

Tuesday, December 26, 2017

Bedah Soal PKB Mandiri KEPALA sEKOLAH



BEDAH SOAL PKB-KS
SOAL UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH
MODUL KK-J SUPERVISIS AKADEMIK

Topik 1 Perencanaan Supervisi Akademi
1.       Setiap awal tahun pembelajaran, Kepala SD Harapan meminta guru menyerahkan dokumen pembelajaran selama satu semester. Tujuannya untuk menyusun program supervisi akademik. Setelah melakukan pengecekan dokumen pembelajaran, kepala sekolah mengajak guru untuk berdiskusi. Sebagian RPP yang dibuat guru masih banyak yang sama, sehingga terkesan copy paste. Untuk itu, kepala sekolah meminta guru untuk memperbaiki RPP sehingga pembelajaran menjadi lebih kreatif dan inovatif, terbuka dan anti diskriminasi Tindakan yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut menggunakan prinsip ....
A.      Konstruktif
B.      Sistematis
C.      kooperatif
D.      demokratis
2.       Sebagai Kepala SD Tunas Harapan, Pak Bayu menyusun program supervisi akademik bersama-sama dewan guru. Hasil identifikasi permasalahan guru ditemukan bahwa guru mengalami kesulitan dalam menyusun instrumen penilaian pembelajaran siswa. Untuk itu, kepala sekolah melakukan pendampingan guru dalam menyusun instrumen penilaian pembelajaran siswa sesuai dengan kebutuhan nyata guru tersebut. Hal yang dilakukan oleh Pak Bayu merupakan prinsip pelaksanaan supervisi akademik….
A.      Sistematis
B.      objektif
C.      praktis
D.      kooperatif
3.       Hari ini, agenda Kepala SD Nusa Indah adalah rapat dewan guru terkait dengan penyiapan program supervisi akademik. Sebagian besar guru adalah guru senior dengan pengalaman diklat pembelajaran yang cukup banyak. Untuk itu, dalam melaksanakan supervisi perangkat pembelajaran, kepala sekolah cenderung melakukan diskusi dan negosiasi khususnya dalam menetapkan kriteria pencapaian pembelajaran. Yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut menggunakan pendekatan ….
A.      direktif
B.      nondirektif
C.      kolaboratif
D.      klinis
4.       Sekolah Tunas Bangsa adalah salah satu sekolah penyelenggara inklusif yang berada di tengah kota. Saat ini, komposisi guru di sekolah tersebut memiliki kesenjangan usia. Banyaknya guru yang pensiun mengakibatkan masuknya beberapa guru muda. Sebagai kepala sekolah yang memiliki komitmen melaksanakan supervisi akademik secara rutin berupaya agar guru senior dengan guru muda melakukan transfer knowledge. Untuk itu, kepala sekolah menyelenggarakan teknik supervisi akademik melalui ….
A.      observasi kelas
B.      pertemuan individu
C.      kunjungan antarkelas
D.      menilai diri sendiri
5.       Berdasarkan hasil supervisi akademik yang dilakukan menunjukkan bahwa guru-guru SD Tanah Merah dapat diklasifikasikan permasalahan pembelajarannya menjadi 3 yaitu metode pembelajaran belum variatif, teknik penilaian masih berbasis kognitif, dan RPP yang masih mengadopsi sekolah lain. Berdasarkan identifikasi permasalahan tersebut, maka teknik supervisi akademik yang efektif dilakukan oleh Kepala SD Tanah Merah adalah ….
A.      teknik supervisi individual
B.      teknik supervisi kunjungan kelas
C.      teknik supervisi penilaian diri sendiri
D.      teknik supervisi kelompok
6.       Hari ini, secara tiba-tiba Bu Risna dikejutkan oleh kedatangan kepala sekolah ke kelasnya. Kepala sekolah mengamati proses pembelajaran Bu Risna dengan membawa instrumen supervisi. Bu Risna melihat kepala sekolah menuliskan sesuatu pada lembar instrumen. Setelah pembelajaran selesai, kepala sekolah keluar kelas dan kembali ke ruangan. Kegiatan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah tidak sesuai dengan prinsip-prinsip supervisi akademik yaitu ….
A.      realistis
B.      objektif
C.      praktis
D.      sistematis
7.       Sebagai kepala sekolah yang baru, Pak Sastro, Kepala Sekolah Mentari, menyusun program supervisi akademik. Program tersebut disampaikan pada rapat dewan guru, namun ternyata salah satu guru menolak untuk disupervisi karena menurut guru tersebut proses pembelajaran yang dilakukan selama ini tidak perlu dinilai oleh kepala sekolah. Tindakan yang harus dilakukan oleh kepala sekolah adalah ....
A.      meminta guru senior untuk menilai kualitas pembelajaran guru tersebut melalui program supervisi akademik
B.      memarahi guru karena menolak kegiatan  akademik yang  dilakukan oleh kepala sekolah
C.      menjelaskan pada guru yang akan disupervisi bahwa supervisi akademik dilakukan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran bukan untuk menilai guru
D.      menerima permintaan guru tersebut untuk tidak disupervisi akademik karena hanya akan menganggu proses pembelajaran yang telah berjalan 
8.       Ibu Nanda adalah Kepala SD Cahaya. Saat mengikuti pelatihan calon kepala sekolah, Bu Nanda berupaya memahami Peraturan menteri Pendidik Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/madrasah khususnya terkait supervisi akademik. Ibu Nanda enggan dan sungkan melaksanakan supervisi akademik karena di sekolahnya terdapat 3 guru senior. Namun demikian, Ibu Nanda harus melaksanakan supervisi akademik sesuai dengan kompetensinya. Berdasarkan kasus tersebut, pernyataan berikut yang melatarbelakangi kepala sekolah tetap melaksanakan supervisi akademik meskipun dengan guru senior adalah ....
A.      kepala sekolah mengemban tugas selain sebagai manajer sekolah, terutama nertanggung jawab dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan sumber daya manusia Indonesia
B.      kepala sekolah menjaga dan memelihara kualitas proses pendidikan sehingga perlu quality control  yang mengawasi jalannya proses pembelajaran
C.      kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik karena guru-guru perlu dibimbing untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan
D.      kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing

9.       Pak Narji adalah Kepala SD Kaisar yang sedang melaksanakan supervisi akademik. Sebelum supervisi pelaksanaan pembelajaran, Pak Narji melakukan pengecekan perangkat pembelajaran dan mendiskusikan dengan guru terkait dengan dokumendokumen yang harus dilengkapi oleh guru. Dalam pengecekan dokumen, Pak Narji menemukan RPP yang dibuat guru sama dengan guru yang lain, hanya diganti mata pelajaran dan materinya. Tindakan yang harus dilakukan oleh Pak Narji adalah ....
A.      membina guru agar menjadi tenaga profesional dalam menyusun RPP
B.      meminta guru agar mengikuti diklat penyusunan RPP
C.      mendampingi guru dalam menjabarkan silabus menjadi RPP
D.      membantu guru mengembangkan kemampuan mengelola proses pembelajaran
10.    SD Bangsaku merupakan sekolah favorit yang berada di tengah kota. Sebagai sekolah favorit, kepala sekolah berupaya menjaga kualitas pembelajaran melalui program supervisi akademik. Saat ini, Pak Hasan selaku kepala sekolah sedang menyusun instrumen observasi ketrampilan mengajar guru kelas A1. Langkah yang dilakukan oleh Pak Hasan merupakan bagian pelaksanaan supervisi akademik pada tahap ....
A.      Perencanaan
B.      Observasi
C.      umpan balik
D.      tindak lanjut observasi
11.    Pak Sardi adalah Kepala SD Bintang yang sudah 2 periode menjabat. Saat ini, Pak Sardi sedang menyusun umpan balik terhadap kemampuan Pak Rudy, salah satu guru di Sekolah Bintang, dalam melaksanakan pembelajaran. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa Pak Rudy memiliki ketrampilan mengajar yang baik, perangkat pembelajaran lengkap, belum membuat kisi-kisi, dan rubrik penilaian kurang lengkap. Umpan balik yang akan diberikan oleh kepala sekolah adalah ....
A.      merevisi instrumen observasi pembelajaran
B.      mendampingi guru dalam menyusun instrumen penilaian
C.      membina guru agar melengkapi dokumen pembelajaran
D.      meminta guru untuk mengikuti diklat supervisi akademik

12.    Ibu Anna telah melaksanakan program supervisi akademik, mulai dari tahap pra observasi, observasi, dan pasca observasi. Saat ini, Ibu Anna telah memperoleh sejumlah data tentang kemampuan guru dalam pembelajaran. Setelah dianalisis, Ibu Anna menunjukkan hasil analisis kepada guru yang bersangkutan. Tindakan Ibu Anna memiliki tujuan ...
A.      agar guru memahami temuan dan mengubah perilaku untuk memperbaiki mutu layanan pembelajaran
B.      sebagai sarana untuk menilai kinerja guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran
C.      agar meningkatkan hubungan yang harmonis antara guru dan kepala sekolah
D.      sebagai bukti kepala sekolah melakukan umpan balik setelah melakukan supervisi akademik 

13.    Pak Naryo adalah Kepala SD Bina Bangsa yang telah menjabat selama 2 tahun. Dalam melaksanakan supervisi akademik, Pak Naryo mengajak guru-guru untuk bersama-sama menyusun program supervisi. Selain itu, Pak Naryo terbuka untuk melakukan diskusi terkait penyiapan program supervisi akademik antara lain menyusun instrumen, jadwal dan perangkat pembelajaran. Tindakan yang dilakukan oleh Pak Naryo merupakan langkah awal yang dilakukan oleh supervisor dalam pelaksanaan supervisi akademik yaitu ....
A.      membicarakan rencana pelaksanaan pembelajaran
B.      mengembangkan instrumen observasi 
C.      menciptakan suasana kolegialitas
D.      penguatan kepada guru
14.    SD Lintang Utara, sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, memiliki guru yang baru saja diangkat. Setelah 3 bulan mengajar, ada beberapa keluhan dari orang tua siswa terkait proses pembelajaran yang dilakukan guru tersebut. Orang tua mendapatkan cerita dari anaknya bahwa guru tersebut lebih banyak memberikan tugas, hanya duduk di meja guru, PR tidak pernah dibahas, dan nilai tidak pernah diberikan. Apabila Kepala Sekolah melaksanakan supervisi akademik terhadap guru tersebut, maka pendekatan supervisi akademik yang tepat dilakukan oleh kepala sekolah adalah ….
A.      Nondirektif
B.      Kolaboratif
C.      Artistik
D.      Direktif
15.    Ibu Ristya sedang melakukan pemetaan kinerja terhadap guru SD Bintang. Salah satunya adalah Pak Yono. Selama ini Pak Yono dikenal sebagai guru favorit karena mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan. Namun akhir-akhir ini Pak Yono sering terlambat datang, dan kadangkala meninggalkan kelas cukup lama. Apabila akan melaksanakan supervisi akademik terhadap Pak Yono, pendekatan yang harus dilakukan oleh kepala sekolah adalah ....
A.      nondirektif
B.      kolaboratif
C.      klinis
D.      direktif
16.    SD Bina Karya adalah sekolah yang memiliki 2 guru berprestasi tingkat kabupaten. Hal ini berdampak positif pada guru-guru yang lain dalam meningkatkan kualitas kinerjanya. Salah satunya adalah kualitas pembelajaran. Selain itu, guru aktif mengikuti MGMP kabupaten dalam menyusun perangkat pembelajaran, dan pengembangan materi. Peer group teaching juga digiatkan di sekolah ini sehingga ada transfer ilmu kepada guru yang lain. Apabila akan melaksanakan supervisi akademik terhadap guru-guru tersebut, maka pendekatan yang harus dilakukan oleh kepala sekolah adalah ....
A.      nondirektif
B.      kolaboratif
C.      klinis
D.      direktif
17.    Pak Sonjaya adalah Kepala SD Kaisar. Saat ini, Pak Sonjaya ingin mendapatkan data objektif tentang situasi pembelajaran dan kesulitan yang dihadapi guru dalam usaha memperbaiki proses pembelajarannya. Teknik yang tepat yang harus dilakukan Pak Sonjaya adalah ….
A.      observasi kelas
B.      kunjungan antar kelas
C.      pertemuan individual
D.      teknik supervisi kelompok
18.    Sebagai kepala SD baru, Ibu Rina memiliki agenda melaksanakan supervisi akademik. Sebagai tahap persiapan, Ibu Rina melakukan diskusi dengan Pak Randi selaku wakil kepala sekolah bagian kurikulum untuk menyusun instrumen supervisi akademik. Pak Randi memberikan contoh instrumen milik kepala sekolah yang lama. Tindakan yang harus dilakukan oleh Ibu Rina sebagai kepala sekolah adalah ....
A.      mengadopsi instrumen tersebut sehingga tidak perlu membuat instrumen yang baru
B.      menggunakan instrumen tersebut supaya tidak banyak yang menyimpang
C.      menetapkan tolok ukur output dan outcome supervisi akademik sebagai dasar menyusun instrumen
D.      membandingkan instrumen tersebut dengan instrumen yang ada di internet, selanjutnya membuat yang baru   

Topik 2 Pelaksanaan Supervisi Akademik

1.       Ibu Sinta adalah Kepala SD Suka Makmur. Sebagai kepala sekolah baru, Ibu Sinta ingin menyelenggarakan supervisi akademik. Hal yang dilakukan Ibu Sinta saat ini adalah menyiapkan dokumen supervisi akademik yang akan digunakan untuk mengukur ketercapaian hasil supervisi akademik. Menurut salah seorang guru senior, kelemahan mengajar guru terletak pada guru kurang memanfaatkan media pembelajaran yang dimiliki sekolah. Berdasarkan kondisi tersebut, aspek observasi yang harus dibuat oleh kepala sekolah memuat ....
A.      kelengkapan perangkat pembelajaran
B.      cara menggunakan media pembelajaran
C.      aktivitas guru dan peserta didik
D.      tujuan pembelajaran
2.       Hari ini, Ibu Riska akan melakukan supervisi akademik proses pembelajaran pada guru-gurunya. Agar semua dapat berjalan lancar, Ibu Riska telah menyusun program supervisi akademik dengan baik dan diinformasikan kepada semua guru yang ada. Sebagai kepala sekolah yang berpengalaman, Ibu Riska sangat memperhatikan proses pembelajaran guru. Pada salah satu kelas, terlihat guru hanya menjelaskan materi di meja guru. Beberapa siswa terlihat sibuk sendiri, ada yang mengantuk, mengobrol dengan teman sebangku, dan menggambar di meja. Berdasarkan kondisi tersebut, Ibu Riska harus memperhatikan hal berikut yaitu ....
A.      perangkat pembelajaran
B.      interaksi peserta didik
C.      rencana tindak lanjut
D.      analisis instrumen pembelajaran
3.       Pak Hanif selaku Kepala SD Nusa Bakti berencana melakukan supervisi akademik perangkat pembelajaran mata pelajaran Fisika. Hasil dari supervisi perangkat pembelajaran pada semester sebelumnya menunjukkan bahwa beberapa guru belum melengkapi perangkat pembelajaran. Bahkan, beberapa guru belum menyusun instrumen penilaian. Agar hal tersebut tidak terulang lagi, tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh kepala sekolah adalah ....
A.      menyusun jadwal supervisi akademik
B.      membagikan instrumen supervisi perangkat pembelajaran
C.      membina guru agar menjadi guru profesional
D.      melakukan studi banding ke sekolah lain
4.       Pagi ini, Kepala SD Harapan sedang mengamati buku nilai siswa mata pelajaran IPS yang berisi nilai ulangan harian, nilai UAS, dan nilai tugas. Selain itu, kepala sekolah juga mengamati kumpulan soal, kisi-kisi soal, dan SK kepala sekolah tentang penetapan KKM. Yang dilakukan oleh Kepala Sekolah Harapan adalah ….
A.      supervisi perangkat pembelajaran
B.      supervisi proses pembelajaran
C.      supervisi penilaian pembelajaran
D.      supervisi klinis
5.       Pak Slamet adalah kepala SD di sekolah favorit yang memiliki jumlah guru mencapai 30 orang. Pada semester awal, Pak Slamet menyusun program supervisi akademik. Agar supervisi akademik yang dilakukan berjalan efektif, maka Pak Slamet memanfaatkan laptop sekolah. Namun demikian, Pak Slamet mengalami kesulitan dalam mengoperasikan laptop sekolah kecuali menggunakan Microsoft Word. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh Pak Slamet dengan menggunakan Microsoft Word adalah ...
A.      membuat bahan tayang sosialisasi supervisi akademik
B.      membuat instrumen observasi supervisi akademik
C.      membuat teknik dan pendekatan yang digunakan
D.      membuat dokumentasi proses pembelajaran
6.       Ibu Ani memiliki komitmen untuk melaksanakan supervisi akademik secara rutin. Berdasarkan pada hasil pra observasi, diketahui bahwa Pak Agus, salah satu guru, mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran tematik. Untuk itu, Ibu Ani ingin melakukan observasi proses pembelajaran di kelas Pak Agus. Hal ini perlu dilakukan oleh Ibu Ani untuk menolong Pak Agus dalam mengatasi masalah di dalam kelas. Yang dilakukan oleh Bu Ani merupakan teknik supervisi akademik ….
A.      menilai diri sendiri
B.      observasi kelas
C.      kunjungan kelas
D.      pertemuan individual
7.       Hari ini, Kepala SD Tanjung Nusa menyelenggarakan supervisi akademik. Guru yang akan disupervisi masih muda dan baru mengajar pada semester ini. Selain itu, guru tersebut tergabung dalam Program Induksi Guru Pemula (PIGP). Dalam memberikan arahan, terlihat kepala sekolah lebih mendominasi. Dokumen pembelajaran banyak mendapat pengaruh dari kepala sekolah. Pendekatan yang digunakan oleh kepala sekolah adalah ….
A.      direktif
B.      non-direktif
C.      kolaboratif
D.      klinis

Topik 3 Analisis Data Supervisi Akademik

1.       Sebagai Kepala SD Taman Bunga yang memiliki jumlah guru mencapai 40 orang, Pak Andi merasa kesulitan dalam melakukan analisis hasil supervisi akademik. Untuk mempermudah analisis hasil supervisi akademik dan keberlanjutan dari program supervisi akademik yang berbentuk tabel, maka Pak Andi memanfaatkan laptop sekolahnya. Program yang dapat efektif untuk menganalisis hasil supervisi akademik adalah ….
A.      Microsoft Publisher
B.      Microsoft Excel
C.      Microsoft Power Point
D.      Email
2.       Pak Sandy adalah Kepala SD Sentosa yang rutin menjalankan supervisi akademik. Hari ini, Pak Sandy telah melaksanakan supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran pada kelas bahasa. Langkah selanjutnya, Pak Sandy melakukan analisis kelebihan dan kelemahan dari....
A.      media, pendekatan dan sumber pembelajaran
B.      perangkat, proses dan penilaian pembelajaran
C.      strategi, pendekatan, dan prinsip pembelajaran
D.      metode, hasil, dan pendekatan pembelajaran
3.       Ibu Rina memiliki komitmen tinggi dalam melaksanakan supervisi akademik. Saat ini, program supervisi akademik telah dilaksanakan dengan baik. Setelah melaksanakan supervisi akademik, Ibu Rina melakukan analisis hasil supervisi akademik. Hasil analisis yang telah dibuat didiskusikan dengan guru yang telah disupervisi. Dalam hal ini langkah yang akan dilakukan oleh kepala sekolah adalah ....
A.      instrumen penilaian dan capaian dampak supervisi b.
B.      laporan supervisi dan pengembangan kompetensi 
C.      umpan balik dan rencana tindak lanjut
D.      pendidikan dan pelatihan bagi guru
4.       Sebelum mengikuti pelatihan kompetensi kepala sekolah, Pak Rasyid jarang melakukan supervisi akademik. Setelah melaksanakan supervisi akademik tahun lalu, Pak Rasyid merasa bahwa hasil supervisi akademik penting untuk mengembangkan kompetensi guru lebih lanjut. Hari ini, Pak Rasyid melakukan supervisi akademik. Berdasarkan hasil analisis supervisi akademik di kelas Ibu Tina menunjukkan bahwa performance mengajar Bu Tina cukup baik, proses pembelajaran berjalan sesuai dengan RPP, siswa aktif dan bersemangat mengikuti pembelajaran sampai akhir. Untuk itu, tindakan yang harus dilakukan oleh Pak Rasyid terhadap Ibu Tina adalah ....
A.      memberikan penghargaan kepada guru tersebut
B.      menciptakan hubungan harmonis dengan guru tersebut
C.      pemantapan instrumen supervisi akademik 
D.      membuat rencana aksi supervisi akademik lainnya
5.       Seorang Kepala SD telah selesai mensupervisi Ibu Ana. Hasil rekapitulasi skor menunjukkan 86 yang dikategorikan “baik” dengan beberapa catatan, dilanjutkan dengan evaluasi proses pembelajaran. Evaluasi menggunakan format tertentu yang mengacu pada perencanaan program supervisi akademik. Berdasarkan kasus di atas, tindakan yang dapat dilakukan kepala sekolah terhadap Ibu Ana adalah ….
A.      memberikan penghargaan berupa pujian dan memberikan kesempatan mengikuti diklat
B.      memberikan hukuman karena tidak mencapai angka maksimal
C.      tidak perlu berbuat apapun karena itu merupakan kewajiban guru
D.      memberikan tugas tambahan supaya lebih dapat mencapai angka maksimal

Topik 4 Pemberian Umpan Balik Dan Rencana Tindak Lanjut Perbaikan Proses Pembelajaran
1.       Ibu Dina telah melaksanakan observasi kelas bahasa yang diajar oleh Ibu Hani. Saat ini, Ibu Dina menganalisis hasil supervisi akademik. Langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh Ibu Dina adalah melakukan umpan balik kepada Ibu Hani. Hal yang menjadi perhatian Ibu Dina adalah terkait pertanyaan “Menurut pendapat Ibu, pada bagian mana dari pembelajaran tadi yang paling penting? Mengapa penting?”. Yang dilakukan oleh Ibu Dina adalah langkah-langkah umpan balik yang efektif yaitu ….
A.      memberikan penghargaan
B.      melakukan sendiri refleksi kritis
C.      melakukan sendiri refleksi kritis merencanakan sendiri perbaikan pembelajaran
D.      mengembangkan tindak lanjut 
2.       Pagi ini, jadwal Pak Hasan melakukan umpan balik hasil supervisi akademik Ibu Ina. Namun karena tiba-tiba ada undangan mendadak dari dinas pendidikan, Pak Hasan hanya mengirimkan umpan balik dengan memanfaatkan email ke Ibu Ina. Yang dilakukan oleh Pak Hasan adalah menggunakan metode pemberian umpan balik melalui….
A.      Langsung
B.      Verbal
C.      Lisan
D.      non verbal 
3.       Hari ini Ibu Anik sebagai Kepala SD Matahari sedang melakukan diskusi dengan guru terkait hasil pengamatan pembelajaran. Yang dilakukan oleh Ibu Anik adalah dengan memberikan penguatan kepada guru tersebut dalam suasana akrab. Yang dilakukan oleh Ibu Anik adalah langkah supervisi akademik pada tahap ....
A.      umpan balik
B.      analisis hasil supervisi
C.      diskusi laporan supervisi
D.      penilaian supervisi
4.       Ibu Rani adalah guru mata pelajaran pada Sekolah Dasar Satu Nusa. Hari ini, kepala sekolah memberikan umpan balik kepada Bu Rani terkait hasil supervisi akademik yang telah dilakukan. Kepala sekolah mengatakan kepada Ibu Rani “Saya menyukai kegiatan mengajar yang Ibu Rani lakukan. Siswa benar-benar antusias terlibat dalam kegiatan pembelajarannya secara aktif”. Yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut menunjukkan salah satu langkah umpan balik yang efektif yaitu….
A.      melakukan sendiri refleksi kritis
B.      merencanakan sendiri perbaikan pembelajaran
C.      memberikan penghargaan
D.      mengembangkan tindak lanjut
5.       Untuk menjaga hubungan dengan guru tetap baik, Ibu Risa sebagai Kepala SD Cahaya Bangsa lebih menyukai umpan balik dengan memberikan komentar terhadap hasil pengamatan proses pembelajaran secara langsung melalui tatap muka. Hal ini agar tidak ada jarak antara kepala sekolah dengan guru. Yang dilakukan Ibu Risa adalah menggunakan metode umpan balik secara ….
A.      Tertulis
B.      verbal
C.      tidak langsung
D.      non verbal

SOAL :  Topik 5 Laporan Pelaksanaan Supervisi Akademik
1.       Hari ini, Kepala SD Nusa Bangsa melaksanakan supervisi akademik proses pembelajaran. Jadwal supervisi akademik telah disepakati dengan guru termasuk perangkat pembelajaran sudah diperiksa. Hasil observasi pembelajaran menunjukkan sebagai berikut: saat mengajar, terlihat guru kurang menguasai materi ajar, beberapa siswa terlihat tidak antusias mengikuti pembelajaran, sumber belajar yang digunakan mengandalkan LKS dari penerbit. Rencana tindak lanjut yang dapat diberikan pada guru tersebut adalah ….
A.      memberi penghargaan berupa pujian
B.      meminta guru untuk belajar mandiri
C.      diberi kesempatan mengikuti pelatihan
D.      studi banding
2.       Kepala SD Tunas Bangsa telah melakukan supervisi akademik dengan menggunakan berbagai macam  instrumen. Informasi yang terhimpun dari kegiatan pra observasi yang diisi dengan pengkondisian atau persiapan observasi dan pelaksanaan observasi. Analisis informasi yang terhimpun oleh kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi sering tidak dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kepala Sekolah tersebut memandang telah selesai jika telah mengisi instrumen dan memperoleh data persentasi kinerja. Persentasi yang diperoleh dari penskoran diperlakukan cukup sebagai bahan pembanding dengan standar sehingga dapat diperoleh kesimpulan bahwa kinerja guru kurang, cukup, baik, atau sangat baik. Informasi tidak dianalisis dan ditafsirkan hanya cukup disimpulkan saja. Berdasarkan kasus dan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan di atas, agar supervisi akademik berdampak terhadap peningkatan kinerja guru, hal yang perlu dilakukan adalah ….
A.      memberikan pengarahan sebelum supervisi akademik dilakukan
B.      merumuskan kriteria pencapaian dampak supervisi akademik (outcome)
C.      menyusun prosedur pelaksanaan supervisi akademik
D.      menyusun instrumen yang lengkap
3.       Berdasarkan hasil supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah, Ibu Anna merasa proses pembelajarannya masih banyak masalah. Adapun masalah yang ditemukan adalah metode pembelajaran didominasi ceramah, lembar kegiatan siswa banyak menggunakan LKS dari penerbit, teknik penilaian berorientasi pada kognitif. Untuk itu Ibu Anna meminta kepala sekolah melakukan supervisi klinis. Salah satu kegiatan dalam rancangan supervisi klinis adalah kepala sekolah bersama Ibu Anna sebagai guru yang disupervisi bersama-sama merancang dan menentukan tindakan yang harus dilakukan untuk membantu meningkatkan keterampilan mengajar. Kegiatan tersebut merupakan siklus supervisi akademis tahap….
A.      tahap pertemuan balikan
B.      tahap pertemuan awal
C.      tahap observasi mengajar
D.      tahap penyusunan program

4.       Kepala SD Taman Sari rutin menyelenggarakan supervisi akademik dan menyusunnya dalam bentuk dokumen laporan supervisi akademik. Hal ini memberikan dampak positif bagi setiap guru, sehingga mereka memiliki dokumen pembelajaran setiap semester. Setiap guru memanfaatkan hasil supervisi akademik untuk melakukan perbaikan kualitas pembelajaran. Tak terkecuali, Pak Hasan yang memanfaatkan hasil supervisi akademik untuk menyusun karya ilmiah. Tindakah yang dilakukan oleh Pak Hasan adalah .... 
A.      menyusun supervisi klinis
B.      membuat bahan akreditasi sekolah
C.      melakukan studi banding ke sekolah lain
D.      membuat penelitian tindakan sekolah

5.       Pak Handi adalah Kepala SD Bina Bangsa. Pada akhir semester dua, Pak Handi telah menyelesaikan seluruh rangkaian siklus supervisi akademik. Selanjutnya, Pak Handi mengumpulkan semua dokumen perencanaan, pelaksanaan, analisis data, dan pemberian umpan balik dalam satu dokumen. Untuk mendokumentasikan semua data tersebut yang patut dilakukan oleh kepala sekolah sesuai dengan kompetensi yang harus dimilikinya adalah….
A.      memberdayakan staf TU untuk membuat laporan hasil supervisinya, karena memberdayakan staf adalah salah satu kompetensi yang melekat pada kepala sekolah
B.      membuat laporan sendiri tanpa harus memanfaatkan teknologi informasi (TI), karena untuk menguasai TI adalah hal yang merepotkan dan tidak segera selesai
C.      membuat laporan dan mendokumentasikan seluruh proses siklus supervisi akademik menggunakan TI karena dokumen tersebut akan berada selama dibutuhkan pada penyimpanan data
D.      membuat laporan dengan menggunakan TI maupun menggunakan teknik manual tidak berpengaruh, sama saja yang penting membuat laporan

0 komentar:

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Abaut

http://wwwroges-ade.blogspot.com, between the and tags
  • About
  • http://wwwroges-ade.blogspot.com, between the and tags

    Popular Posts

    BTemplates.com

    Blogroll

    script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

    About

    script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js">

    Copyright © Roghes Family | Powered by Blogger
    Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com