BEDAH SOAL PKB-KS
SOAL
UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH
MODUL
KK-J SUPERVISIS AKADEMIK
Topik 1 Perencanaan
Supervisi Akademi
1. Setiap
awal tahun pembelajaran, Kepala SD Harapan meminta guru menyerahkan dokumen
pembelajaran selama satu semester. Tujuannya untuk menyusun program supervisi
akademik. Setelah melakukan pengecekan dokumen pembelajaran, kepala sekolah
mengajak guru untuk berdiskusi. Sebagian RPP yang dibuat guru masih banyak yang
sama, sehingga terkesan copy paste. Untuk itu, kepala sekolah meminta guru
untuk memperbaiki RPP sehingga pembelajaran menjadi lebih kreatif dan inovatif,
terbuka dan anti diskriminasi Tindakan yang dilakukan oleh kepala sekolah
tersebut menggunakan prinsip ....
A. Konstruktif
B.
Sistematis
C.
kooperatif
D.
demokratis
2. Sebagai
Kepala SD Tunas Harapan, Pak Bayu menyusun program supervisi akademik
bersama-sama dewan guru. Hasil identifikasi permasalahan guru ditemukan bahwa
guru mengalami kesulitan dalam menyusun instrumen penilaian pembelajaran siswa.
Untuk itu, kepala sekolah melakukan pendampingan guru dalam menyusun instrumen
penilaian pembelajaran siswa sesuai dengan kebutuhan nyata guru tersebut. Hal
yang dilakukan oleh Pak Bayu merupakan prinsip pelaksanaan supervisi akademik….
A.
Sistematis
B. objektif
C.
praktis
D.
kooperatif
3. Hari
ini, agenda Kepala SD Nusa Indah adalah rapat dewan guru terkait dengan
penyiapan program supervisi akademik. Sebagian besar guru adalah guru senior
dengan pengalaman diklat pembelajaran yang cukup banyak. Untuk itu, dalam melaksanakan
supervisi perangkat pembelajaran, kepala sekolah cenderung melakukan diskusi
dan negosiasi khususnya dalam menetapkan kriteria pencapaian pembelajaran. Yang
dilakukan oleh kepala sekolah tersebut menggunakan pendekatan ….
A.
direktif
B.
nondirektif
C. kolaboratif
D.
klinis
4. Sekolah
Tunas Bangsa adalah salah satu sekolah penyelenggara inklusif yang berada di
tengah kota. Saat ini, komposisi guru di sekolah tersebut memiliki kesenjangan
usia. Banyaknya guru yang pensiun mengakibatkan masuknya beberapa guru muda.
Sebagai kepala sekolah yang memiliki komitmen melaksanakan supervisi akademik
secara rutin berupaya agar guru senior dengan guru muda melakukan transfer
knowledge. Untuk itu, kepala sekolah menyelenggarakan teknik supervisi akademik
melalui ….
A.
observasi kelas
B.
pertemuan individu
C. kunjungan antarkelas
D.
menilai diri sendiri
5. Berdasarkan
hasil supervisi akademik yang dilakukan menunjukkan bahwa guru-guru SD Tanah
Merah dapat diklasifikasikan permasalahan pembelajarannya menjadi 3 yaitu
metode pembelajaran belum variatif, teknik penilaian masih berbasis kognitif,
dan RPP yang masih mengadopsi sekolah lain. Berdasarkan identifikasi
permasalahan tersebut, maka teknik supervisi akademik yang efektif dilakukan
oleh Kepala SD Tanah Merah adalah ….
A.
teknik supervisi individual
B.
teknik supervisi kunjungan kelas
C.
teknik supervisi penilaian diri sendiri
D. teknik supervisi kelompok
6. Hari
ini, secara tiba-tiba Bu Risna dikejutkan oleh kedatangan kepala sekolah ke
kelasnya. Kepala sekolah mengamati proses pembelajaran Bu Risna dengan membawa
instrumen supervisi. Bu Risna melihat kepala sekolah menuliskan sesuatu pada
lembar instrumen. Setelah pembelajaran selesai, kepala sekolah keluar kelas dan
kembali ke ruangan. Kegiatan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah
tidak sesuai dengan prinsip-prinsip supervisi akademik yaitu ….
A.
realistis
B.
objektif
C.
praktis
D. sistematis
7. Sebagai
kepala sekolah yang baru, Pak Sastro, Kepala Sekolah Mentari, menyusun program
supervisi akademik. Program tersebut disampaikan pada rapat dewan guru, namun
ternyata salah satu guru menolak untuk disupervisi karena menurut guru tersebut
proses pembelajaran yang dilakukan selama ini tidak perlu dinilai oleh kepala
sekolah. Tindakan yang harus dilakukan oleh kepala sekolah adalah ....
A.
meminta guru senior untuk menilai
kualitas pembelajaran guru tersebut melalui program supervisi akademik
B.
memarahi guru karena menolak
kegiatan akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah
C. menjelaskan pada guru yang akan disupervisi bahwa supervisi akademik
dilakukan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran bukan untuk menilai guru
D.
menerima permintaan guru tersebut untuk
tidak disupervisi akademik karena hanya akan menganggu proses pembelajaran yang
telah berjalan
8. Ibu
Nanda adalah Kepala SD Cahaya. Saat mengikuti pelatihan calon kepala sekolah,
Bu Nanda berupaya memahami Peraturan menteri Pendidik Nasional Nomor 13 Tahun
2007 tentang Standar Kepala Sekolah/madrasah khususnya terkait supervisi
akademik. Ibu Nanda enggan dan sungkan melaksanakan supervisi akademik karena
di sekolahnya terdapat 3 guru senior. Namun demikian, Ibu Nanda harus
melaksanakan supervisi akademik sesuai dengan kompetensinya. Berdasarkan kasus
tersebut, pernyataan berikut yang melatarbelakangi kepala sekolah tetap
melaksanakan supervisi akademik meskipun dengan guru senior adalah ....
A.
kepala sekolah mengemban tugas selain
sebagai manajer sekolah, terutama nertanggung jawab dalam mencerdaskan
kehidupan bangsa dan mengembangkan sumber daya manusia Indonesia
B. kepala sekolah menjaga dan memelihara kualitas proses pendidikan
sehingga perlu quality control yang
mengawasi jalannya proses pembelajaran
C.
kepala sekolah melaksanakan supervisi
akademik karena guru-guru perlu dibimbing untuk mencapai standar kompetensi
yang ditetapkan
D.
kepala sekolah melaksanakan supervisi
akademik sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing
9. Pak
Narji adalah Kepala SD Kaisar yang sedang melaksanakan supervisi akademik.
Sebelum supervisi pelaksanaan pembelajaran, Pak Narji melakukan pengecekan
perangkat pembelajaran dan mendiskusikan dengan guru terkait dengan
dokumendokumen yang harus dilengkapi oleh guru. Dalam pengecekan dokumen, Pak
Narji menemukan RPP yang dibuat guru sama dengan guru yang lain, hanya diganti
mata pelajaran dan materinya. Tindakan yang harus dilakukan oleh Pak Narji
adalah ....
A.
membina guru agar menjadi tenaga profesional
dalam menyusun RPP
B.
meminta guru agar mengikuti diklat
penyusunan RPP
C. mendampingi guru dalam menjabarkan silabus menjadi RPP
D.
membantu guru mengembangkan kemampuan
mengelola proses pembelajaran
10. SD
Bangsaku merupakan sekolah favorit yang berada di tengah kota. Sebagai sekolah
favorit, kepala sekolah berupaya menjaga kualitas pembelajaran melalui program
supervisi akademik. Saat ini, Pak Hasan selaku kepala sekolah sedang menyusun
instrumen observasi ketrampilan mengajar guru kelas A1. Langkah yang dilakukan
oleh Pak Hasan merupakan bagian pelaksanaan supervisi akademik pada tahap ....
A. Perencanaan
B.
Observasi
C.
umpan balik
D.
tindak lanjut observasi
11. Pak
Sardi adalah Kepala SD Bintang yang sudah 2 periode menjabat. Saat ini, Pak
Sardi sedang menyusun umpan balik terhadap kemampuan Pak Rudy, salah satu guru
di Sekolah Bintang, dalam melaksanakan pembelajaran. Hasil observasi
pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa Pak Rudy memiliki ketrampilan
mengajar yang baik, perangkat pembelajaran lengkap, belum membuat kisi-kisi,
dan rubrik penilaian kurang lengkap. Umpan balik yang akan diberikan oleh
kepala sekolah adalah ....
A.
merevisi instrumen observasi
pembelajaran
B. mendampingi guru dalam menyusun instrumen penilaian
C.
membina guru agar melengkapi dokumen
pembelajaran
D.
meminta guru untuk mengikuti diklat
supervisi akademik
12. Ibu
Anna telah melaksanakan program supervisi akademik, mulai dari tahap pra
observasi, observasi, dan pasca observasi. Saat ini, Ibu Anna telah memperoleh
sejumlah data tentang kemampuan guru dalam pembelajaran. Setelah dianalisis,
Ibu Anna menunjukkan hasil analisis kepada guru yang bersangkutan. Tindakan Ibu
Anna memiliki tujuan ...
A. agar guru memahami temuan dan mengubah perilaku untuk memperbaiki
mutu layanan pembelajaran
B.
sebagai sarana untuk menilai kinerja
guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran
C.
agar meningkatkan hubungan yang harmonis
antara guru dan kepala sekolah
D.
sebagai bukti kepala sekolah melakukan
umpan balik setelah melakukan supervisi akademik
13. Pak
Naryo adalah Kepala SD Bina Bangsa yang telah menjabat selama 2 tahun. Dalam
melaksanakan supervisi akademik, Pak Naryo mengajak guru-guru untuk
bersama-sama menyusun program supervisi. Selain itu, Pak Naryo terbuka untuk
melakukan diskusi terkait penyiapan program supervisi akademik antara lain
menyusun instrumen, jadwal dan perangkat pembelajaran. Tindakan yang dilakukan
oleh Pak Naryo merupakan langkah awal yang dilakukan oleh supervisor dalam
pelaksanaan supervisi akademik yaitu ....
A.
membicarakan rencana pelaksanaan
pembelajaran
B.
mengembangkan instrumen observasi
C. menciptakan suasana kolegialitas
D.
penguatan kepada guru
14. SD
Lintang Utara, sekolah penyelenggara pendidikan inklusif, memiliki guru yang
baru saja diangkat. Setelah 3 bulan mengajar, ada beberapa keluhan dari orang
tua siswa terkait proses pembelajaran yang dilakukan guru tersebut. Orang tua
mendapatkan cerita dari anaknya bahwa guru tersebut lebih banyak memberikan
tugas, hanya duduk di meja guru, PR tidak pernah dibahas, dan nilai tidak
pernah diberikan. Apabila Kepala Sekolah melaksanakan supervisi akademik
terhadap guru tersebut, maka pendekatan supervisi akademik yang tepat dilakukan
oleh kepala sekolah adalah ….
A.
Nondirektif
B.
Kolaboratif
C.
Artistik
D. Direktif
15. Ibu
Ristya sedang melakukan pemetaan kinerja terhadap guru SD Bintang. Salah
satunya adalah Pak Yono. Selama ini Pak Yono dikenal sebagai guru favorit
karena mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan. Namun akhir-akhir ini Pak
Yono sering terlambat datang, dan kadangkala meninggalkan kelas cukup lama.
Apabila akan melaksanakan supervisi akademik terhadap Pak Yono, pendekatan yang
harus dilakukan oleh kepala sekolah adalah ....
A.
nondirektif
B. kolaboratif
C.
klinis
D.
direktif
16. SD
Bina Karya adalah sekolah yang memiliki 2 guru berprestasi tingkat kabupaten.
Hal ini berdampak positif pada guru-guru yang lain dalam meningkatkan kualitas
kinerjanya. Salah satunya adalah kualitas pembelajaran. Selain itu, guru aktif
mengikuti MGMP kabupaten dalam menyusun perangkat pembelajaran, dan
pengembangan materi. Peer group teaching juga digiatkan di sekolah ini sehingga
ada transfer ilmu kepada guru yang lain. Apabila akan melaksanakan supervisi
akademik terhadap guru-guru tersebut, maka pendekatan yang harus dilakukan oleh
kepala sekolah adalah ....
A. nondirektif
B.
kolaboratif
C.
klinis
D.
direktif
17. Pak
Sonjaya adalah Kepala SD Kaisar. Saat ini, Pak Sonjaya ingin mendapatkan data
objektif tentang situasi pembelajaran dan kesulitan yang dihadapi guru dalam
usaha memperbaiki proses pembelajarannya. Teknik yang tepat yang harus dilakukan
Pak Sonjaya adalah ….
A.
observasi kelas
B. kunjungan antar kelas
C.
pertemuan individual
D.
teknik supervisi kelompok
18. Sebagai
kepala SD baru, Ibu Rina memiliki agenda melaksanakan supervisi akademik.
Sebagai tahap persiapan, Ibu Rina melakukan diskusi dengan Pak Randi selaku
wakil kepala sekolah bagian kurikulum untuk menyusun instrumen supervisi
akademik. Pak Randi memberikan contoh instrumen milik kepala sekolah yang lama.
Tindakan yang harus dilakukan oleh Ibu Rina sebagai kepala sekolah adalah ....
A.
mengadopsi instrumen tersebut sehingga
tidak perlu membuat instrumen yang baru
B.
menggunakan instrumen tersebut supaya tidak
banyak yang menyimpang
C. menetapkan tolok ukur output dan outcome supervisi akademik sebagai
dasar menyusun instrumen
D.
membandingkan instrumen tersebut dengan
instrumen yang ada di internet, selanjutnya membuat yang baru
Topik 2 Pelaksanaan Supervisi Akademik
1.
Ibu
Sinta adalah Kepala SD Suka Makmur. Sebagai kepala sekolah baru, Ibu Sinta
ingin menyelenggarakan supervisi akademik. Hal yang dilakukan Ibu Sinta saat
ini adalah menyiapkan dokumen supervisi akademik yang akan digunakan untuk
mengukur ketercapaian hasil supervisi akademik. Menurut salah seorang guru
senior, kelemahan mengajar guru terletak pada guru kurang memanfaatkan media pembelajaran
yang dimiliki sekolah. Berdasarkan kondisi tersebut, aspek observasi yang harus
dibuat oleh kepala sekolah memuat ....
A.
kelengkapan
perangkat pembelajaran
B.
cara menggunakan media pembelajaran
C.
aktivitas
guru dan peserta didik
D.
tujuan
pembelajaran
2.
Hari
ini, Ibu Riska akan melakukan supervisi akademik proses pembelajaran pada
guru-gurunya. Agar semua dapat berjalan lancar, Ibu Riska telah menyusun
program supervisi akademik dengan baik dan diinformasikan kepada semua guru
yang ada. Sebagai kepala sekolah yang berpengalaman, Ibu Riska sangat
memperhatikan proses pembelajaran guru. Pada salah satu kelas, terlihat guru
hanya menjelaskan materi di meja guru. Beberapa siswa terlihat sibuk sendiri,
ada yang mengantuk, mengobrol dengan teman sebangku, dan menggambar di meja.
Berdasarkan kondisi tersebut, Ibu Riska harus memperhatikan hal berikut yaitu
....
A.
perangkat
pembelajaran
B.
interaksi peserta didik
C.
rencana
tindak lanjut
D.
analisis
instrumen pembelajaran
3.
Pak
Hanif selaku Kepala SD Nusa Bakti berencana melakukan supervisi akademik
perangkat pembelajaran mata pelajaran Fisika. Hasil dari supervisi perangkat
pembelajaran pada semester sebelumnya menunjukkan bahwa beberapa guru belum
melengkapi perangkat pembelajaran. Bahkan, beberapa guru belum menyusun instrumen
penilaian. Agar hal tersebut tidak terulang lagi, tindakan yang sebaiknya
dilakukan oleh kepala sekolah adalah ....
A.
menyusun
jadwal supervisi akademik
B.
membagikan instrumen supervisi perangkat pembelajaran
C.
membina
guru agar menjadi guru profesional
D.
melakukan
studi banding ke sekolah lain
4.
Pagi
ini, Kepala SD Harapan sedang mengamati buku nilai siswa mata pelajaran IPS
yang berisi nilai ulangan harian, nilai UAS, dan nilai tugas. Selain itu,
kepala sekolah juga mengamati kumpulan soal, kisi-kisi soal, dan SK kepala
sekolah tentang penetapan KKM. Yang dilakukan oleh Kepala Sekolah Harapan
adalah ….
A.
supervisi
perangkat pembelajaran
B.
supervisi
proses pembelajaran
C.
supervisi penilaian pembelajaran
D.
supervisi
klinis
5.
Pak
Slamet adalah kepala SD di sekolah favorit yang memiliki jumlah guru mencapai
30 orang. Pada semester awal, Pak Slamet menyusun program supervisi akademik.
Agar supervisi akademik yang dilakukan berjalan efektif, maka Pak Slamet
memanfaatkan laptop sekolah. Namun demikian, Pak Slamet mengalami kesulitan
dalam mengoperasikan laptop sekolah kecuali menggunakan Microsoft Word.
Kegiatan yang dapat dilakukan oleh Pak Slamet dengan menggunakan Microsoft Word
adalah ...
A.
membuat
bahan tayang sosialisasi supervisi akademik
B.
membuat instrumen observasi supervisi akademik
C.
membuat
teknik dan pendekatan yang digunakan
D.
membuat
dokumentasi proses pembelajaran
6.
Ibu
Ani memiliki komitmen untuk melaksanakan supervisi akademik secara rutin.
Berdasarkan pada hasil pra observasi, diketahui bahwa Pak Agus, salah satu
guru, mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran tematik. Untuk itu,
Ibu Ani ingin melakukan observasi proses pembelajaran di kelas Pak Agus. Hal
ini perlu dilakukan oleh Ibu Ani untuk menolong Pak Agus dalam mengatasi
masalah di dalam kelas. Yang dilakukan oleh Bu Ani merupakan teknik supervisi
akademik ….
A.
menilai
diri sendiri
B.
observasi
kelas
C.
kunjungan kelas
D.
pertemuan
individual
7.
Hari
ini, Kepala SD Tanjung Nusa menyelenggarakan supervisi akademik. Guru yang akan
disupervisi masih muda dan baru mengajar pada semester ini. Selain itu, guru
tersebut tergabung dalam Program Induksi Guru Pemula (PIGP). Dalam memberikan
arahan, terlihat kepala sekolah lebih mendominasi. Dokumen pembelajaran banyak
mendapat pengaruh dari kepala sekolah. Pendekatan yang digunakan oleh kepala
sekolah adalah ….
A.
direktif
B.
non-direktif
C.
kolaboratif
D.
klinis
Topik 3 Analisis Data Supervisi Akademik
1.
Sebagai
Kepala SD Taman Bunga yang memiliki jumlah guru mencapai 40 orang, Pak Andi
merasa kesulitan dalam melakukan analisis hasil supervisi akademik. Untuk
mempermudah analisis hasil supervisi akademik dan keberlanjutan dari program
supervisi akademik yang berbentuk tabel, maka Pak Andi memanfaatkan laptop
sekolahnya. Program yang dapat efektif untuk menganalisis hasil supervisi
akademik adalah ….
A.
Microsoft
Publisher
B.
Microsoft Excel
C.
Microsoft
Power Point
D.
Email
2.
Pak
Sandy adalah Kepala SD Sentosa yang rutin menjalankan supervisi akademik. Hari
ini, Pak Sandy telah melaksanakan supervisi akademik pelaksanaan pembelajaran pada
kelas bahasa. Langkah selanjutnya, Pak Sandy melakukan analisis kelebihan dan
kelemahan dari....
A.
media,
pendekatan dan sumber pembelajaran
B.
perangkat, proses dan penilaian pembelajaran
C.
strategi,
pendekatan, dan prinsip pembelajaran
D.
metode,
hasil, dan pendekatan pembelajaran
3.
Ibu
Rina memiliki komitmen tinggi dalam melaksanakan supervisi akademik. Saat ini,
program supervisi akademik telah dilaksanakan dengan baik. Setelah melaksanakan
supervisi akademik, Ibu Rina melakukan analisis hasil supervisi akademik. Hasil
analisis yang telah dibuat didiskusikan dengan guru yang telah disupervisi.
Dalam hal ini langkah yang akan dilakukan oleh kepala sekolah adalah ....
A.
instrumen
penilaian dan capaian dampak supervisi b.
B.
laporan
supervisi dan pengembangan kompetensi
C.
umpan balik dan rencana tindak lanjut
D.
pendidikan
dan pelatihan bagi guru
4.
Sebelum
mengikuti pelatihan kompetensi kepala sekolah, Pak Rasyid jarang melakukan
supervisi akademik. Setelah melaksanakan supervisi akademik tahun lalu, Pak
Rasyid merasa bahwa hasil supervisi akademik penting untuk mengembangkan
kompetensi guru lebih lanjut. Hari ini, Pak Rasyid melakukan supervisi
akademik. Berdasarkan hasil analisis supervisi akademik di kelas Ibu Tina
menunjukkan bahwa performance mengajar Bu Tina cukup baik, proses pembelajaran
berjalan sesuai dengan RPP, siswa aktif dan bersemangat mengikuti pembelajaran
sampai akhir. Untuk itu, tindakan yang harus dilakukan oleh Pak Rasyid terhadap
Ibu Tina adalah ....
A.
memberikan penghargaan kepada guru tersebut
B.
menciptakan
hubungan harmonis dengan guru tersebut
C.
pemantapan
instrumen supervisi akademik
D.
membuat
rencana aksi supervisi akademik lainnya
5.
Seorang
Kepala SD telah selesai mensupervisi Ibu Ana. Hasil rekapitulasi skor
menunjukkan 86 yang dikategorikan “baik” dengan beberapa catatan, dilanjutkan
dengan evaluasi proses pembelajaran. Evaluasi menggunakan format tertentu yang
mengacu pada perencanaan program supervisi akademik. Berdasarkan kasus di atas,
tindakan yang dapat dilakukan kepala sekolah terhadap Ibu Ana adalah ….
A.
memberikan penghargaan berupa pujian dan memberikan kesempatan mengikuti
diklat
B.
memberikan
hukuman karena tidak mencapai angka maksimal
C.
tidak
perlu berbuat apapun karena itu merupakan kewajiban guru
D.
memberikan
tugas tambahan supaya lebih dapat mencapai angka maksimal
Topik
4 Pemberian Umpan Balik Dan Rencana Tindak Lanjut
Perbaikan Proses Pembelajaran
1.
Ibu Dina telah melaksanakan observasi
kelas bahasa yang diajar oleh Ibu Hani. Saat ini, Ibu Dina menganalisis hasil
supervisi akademik. Langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh Ibu Dina
adalah melakukan umpan balik kepada Ibu Hani. Hal yang menjadi perhatian Ibu
Dina adalah terkait pertanyaan “Menurut pendapat Ibu, pada bagian mana dari
pembelajaran tadi yang paling penting? Mengapa penting?”. Yang dilakukan oleh
Ibu Dina adalah langkah-langkah umpan balik yang efektif yaitu ….
A.
memberikan penghargaan
B. melakukan sendiri refleksi kritis
C.
melakukan sendiri refleksi kritis
merencanakan sendiri perbaikan pembelajaran
D.
mengembangkan tindak lanjut
2. Pagi
ini, jadwal Pak Hasan melakukan umpan balik hasil supervisi akademik Ibu Ina.
Namun karena tiba-tiba ada undangan mendadak dari dinas pendidikan, Pak Hasan
hanya mengirimkan umpan balik dengan memanfaatkan email ke Ibu Ina. Yang
dilakukan oleh Pak Hasan adalah menggunakan metode pemberian umpan balik
melalui….
A.
Langsung
B.
Verbal
C.
Lisan
D. non verbal
3. Hari
ini Ibu Anik sebagai Kepala SD Matahari sedang melakukan diskusi dengan guru
terkait hasil pengamatan pembelajaran. Yang dilakukan oleh Ibu Anik adalah dengan
memberikan penguatan kepada guru tersebut dalam suasana akrab. Yang dilakukan
oleh Ibu Anik adalah langkah supervisi akademik pada tahap ....
A.
umpan balik
B. analisis hasil supervisi
C.
diskusi laporan supervisi
D.
penilaian supervisi
4. Ibu
Rani adalah guru mata pelajaran pada Sekolah Dasar Satu Nusa. Hari ini, kepala
sekolah memberikan umpan balik kepada Bu Rani terkait hasil supervisi akademik
yang telah dilakukan. Kepala sekolah mengatakan kepada Ibu Rani “Saya menyukai
kegiatan mengajar yang Ibu Rani lakukan. Siswa benar-benar antusias terlibat
dalam kegiatan pembelajarannya secara aktif”. Yang dilakukan oleh kepala
sekolah tersebut menunjukkan salah satu langkah umpan balik yang efektif
yaitu….
A.
melakukan sendiri refleksi kritis
B.
merencanakan sendiri perbaikan pembelajaran
C. memberikan penghargaan
D.
mengembangkan tindak lanjut
5. Untuk
menjaga hubungan dengan guru tetap baik, Ibu Risa sebagai Kepala SD Cahaya
Bangsa lebih menyukai umpan balik dengan memberikan komentar terhadap hasil
pengamatan proses pembelajaran secara langsung melalui tatap muka. Hal ini agar
tidak ada jarak antara kepala sekolah dengan guru. Yang dilakukan Ibu Risa
adalah menggunakan metode umpan balik secara ….
A.
Tertulis
B. verbal
C.
tidak langsung
D.
non verbal
SOAL
: Topik 5 Laporan Pelaksanaan Supervisi
Akademik
1. Hari
ini, Kepala SD Nusa Bangsa melaksanakan supervisi akademik proses pembelajaran.
Jadwal supervisi akademik telah disepakati dengan guru termasuk perangkat
pembelajaran sudah diperiksa. Hasil observasi pembelajaran menunjukkan sebagai
berikut: saat mengajar, terlihat guru kurang menguasai materi ajar, beberapa
siswa terlihat tidak antusias mengikuti pembelajaran, sumber belajar yang
digunakan mengandalkan LKS dari penerbit. Rencana tindak lanjut yang dapat
diberikan pada guru tersebut adalah ….
A.
memberi penghargaan berupa pujian
B.
meminta guru untuk belajar mandiri
C. diberi kesempatan mengikuti pelatihan
D.
studi banding
2. Kepala
SD Tunas Bangsa telah melakukan supervisi akademik dengan menggunakan berbagai
macam instrumen. Informasi yang
terhimpun dari kegiatan pra observasi yang diisi dengan pengkondisian atau
persiapan observasi dan pelaksanaan observasi. Analisis informasi yang
terhimpun oleh kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi sering tidak
dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kepala Sekolah tersebut
memandang telah selesai jika telah mengisi instrumen dan memperoleh data
persentasi kinerja. Persentasi yang diperoleh dari penskoran diperlakukan cukup
sebagai bahan pembanding dengan standar sehingga dapat diperoleh kesimpulan bahwa
kinerja guru kurang, cukup, baik, atau sangat baik. Informasi tidak dianalisis
dan ditafsirkan hanya cukup disimpulkan saja. Berdasarkan kasus dan
kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan di atas, agar supervisi akademik
berdampak terhadap peningkatan kinerja guru, hal yang perlu dilakukan adalah ….
A.
memberikan pengarahan sebelum supervisi
akademik dilakukan
B.
merumuskan kriteria pencapaian
dampak supervisi akademik (outcome)
C.
menyusun prosedur pelaksanaan supervisi
akademik
D.
menyusun instrumen yang lengkap
3. Berdasarkan
hasil supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah, Ibu Anna merasa
proses pembelajarannya masih banyak masalah. Adapun masalah yang ditemukan
adalah metode pembelajaran didominasi ceramah, lembar kegiatan siswa banyak
menggunakan LKS dari penerbit, teknik penilaian berorientasi pada kognitif.
Untuk itu Ibu Anna meminta kepala sekolah melakukan supervisi klinis. Salah
satu kegiatan dalam rancangan supervisi klinis adalah kepala sekolah bersama
Ibu Anna sebagai guru yang disupervisi bersama-sama merancang dan menentukan
tindakan yang harus dilakukan untuk membantu meningkatkan keterampilan
mengajar. Kegiatan tersebut merupakan siklus supervisi akademis tahap….
A.
tahap pertemuan balikan
B.
tahap pertemuan awal
C. tahap observasi mengajar
D.
tahap penyusunan program
4. Kepala
SD Taman Sari rutin menyelenggarakan supervisi akademik dan menyusunnya dalam
bentuk dokumen laporan supervisi akademik. Hal ini memberikan dampak positif
bagi setiap guru, sehingga mereka memiliki dokumen pembelajaran setiap semester.
Setiap guru memanfaatkan hasil supervisi akademik untuk melakukan perbaikan
kualitas pembelajaran. Tak terkecuali, Pak Hasan yang memanfaatkan hasil
supervisi akademik untuk menyusun karya ilmiah. Tindakah yang dilakukan oleh
Pak Hasan adalah ....
A.
menyusun supervisi klinis
B. membuat bahan akreditasi sekolah
C.
melakukan studi banding ke sekolah lain
D.
membuat penelitian tindakan sekolah
5. Pak
Handi adalah Kepala SD Bina Bangsa. Pada akhir semester dua, Pak Handi telah
menyelesaikan seluruh rangkaian siklus supervisi akademik. Selanjutnya, Pak
Handi mengumpulkan semua dokumen perencanaan, pelaksanaan, analisis data, dan
pemberian umpan balik dalam satu dokumen. Untuk mendokumentasikan semua data
tersebut yang patut dilakukan oleh kepala sekolah sesuai dengan kompetensi yang
harus dimilikinya adalah….
A.
memberdayakan staf TU untuk membuat
laporan hasil supervisinya, karena memberdayakan staf adalah salah satu
kompetensi yang melekat pada kepala sekolah
B.
membuat laporan sendiri tanpa harus
memanfaatkan teknologi informasi (TI), karena untuk menguasai TI adalah hal
yang merepotkan dan tidak segera selesai
C. membuat laporan dan mendokumentasikan seluruh proses siklus
supervisi akademik menggunakan TI karena dokumen tersebut akan berada selama
dibutuhkan pada penyimpanan data
D.
membuat laporan dengan menggunakan TI
maupun menggunakan teknik manual tidak berpengaruh, sama saja yang penting
membuat laporan
0 komentar:
Post a Comment